BMKG Catat Ambarawa-Salatiga Diguncang 34 Kali Gempa Selama 3 Hari

Uje Hartono - detikNews
Senin, 25 Okt 2021 15:05 WIB
Seismograph with paper in action and earthquake - 3D Rendering
Ilustrasi gempa (Foto: Getty Images/iStockphoto/Petrovich9)
Banjarnegara -

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Banjarnegara mencatat ada 34 kali rentetan gempa dalam tiga hari di wilayah Salatiga dan Ambarawa, Jawa Tengah. Gempa terakhir tercatat terjadi sekitar pukul 05.00 WIB tadi.

"Hari ini masih terjadi tadi pukul 05.05 WIB," kata Kepala BMKG Stasiun Geofisika Banjarnegara Setyoajie Prayoedhie saat dihubungi detikcom, Senin (25/10/2021).

Setyoadjie menyebut selama tiga hari terakhir, yakni sejak Sabtu (23/10) hingga hari ini, telah terjadi 34 kali gempa. Pertama terjadi pada Sabtu (23/10) dini hari yang berkekuatan magnitud0 3,0.

"Setelah itu terus ada gempa susulan. Sampai tadi pagi pukul 05.05 WIB ada 34 kali terjadi gempa di wilayah Salatiga dan sekitarnya," jelasnya.

Dari hasil monitoring BMKG Stasiun Geofisika Banjarnegara, distribusi episenter usai gempa bumi terjadi di beberapa titik. Yakni, Merapi-Merbabu, Telomoyo dan Rawa Pening.

"Gempa tektonik dangkal ini diduga dipicu aktivitas sesar Merapi-Merbabu," jelasnya.

Setyoadjie pun mengimbau warga Salatiga dan sekitarnya agar tidak perlu panik. Meski begitu, pihaknya menyarankan agar warga menjauhi bangunan yang rusak.

"Masyarakat jangan panik silahkan beraktivitas seperti biasa. Tetapi sementara ini menjauhi bangunan yang rusak atau retak yang disebabkan oleh gempa," imbaunya.

Simak video 'Salatiga-Ambarawa 21 Kali Diguncang Gempa Susulan':

[Gambas:Video 20detik]



(ams/rih)