Penjelasan UNS soal Mahasiswanya Meninggal Usai Ikuti Diksar Menwa

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Senin, 25 Okt 2021 14:33 WIB
Markas Menwa UNS, Senin (25/10/2021).
Markas Menwa UNS, Senin (25/10/2021). (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo -

Seorang mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Gilang Endi Saputra (21), meninggal dunia saat mengikuti kegiatan Resimen Mahasiswa (Menwa). Direktur Reputasi Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Sutanto, menjelaskan kegiatan tersebut bernama Pendidikan Pra Gladhi Patria XXXVI.

"Yang bersangkutan mengikuti kegiatan diklat Menwa. Kegiatannya hanya di sekitar kampus, mulai dari markas, belakang auditorium, Gor UNS, Fakultas Teknik, sama ada kegiatan rappeling di jembatan Jurug," kata Sutanto saat dijumpai di kantornya, Senin (25/10/2021).

Kegiatan yang diikuti Gilang rencananya digelar 23-31 Oktober 2021. Diduga usai berkegiatan di Jurug itulah Gilang harus mendapatkan perawatan khusus sehingga dibawa ke rumah sakit. Namun ternyata nyawanya tidak terselamatkan.

"Kami tidak tahu kejadian pastinya, jatuh atau kenapa tidak tahu, kita tunggu hasil autopsinya," ujar dia.

Saat ini, sejumlah panitia kegiatan tengah diperiksa kepolisian. Kegiatan yang diikuti 12 peserta itu dihentikan sementara oleh pihak kampus.

"Kami dari kampus masih menjaga asas praduga tak bersalah. Tapi pasti kami evaluasi. Kami mendasarkan pada bukti otentik yang bisa dipertanggungjawabkan secara medis dan hukum untuk membuat langkah yang jelas," katanya.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polresta Solo, AKP Djohan Andika, juga membenarkan kejadian tersebut. Saat ini pihaknya tengah melakukan pemeriksaan saksi-saksi.

"Kami sedang mendata siapa saja panitianya, kemudian kita jadwalkan untuk pemeriksaan saksi-saksi," ujar dia.

Diberitakan sebelumnya, kerabat Gilang, Sadarno, mengatakan pihak keluarga mengetahui kematian Gilang pada dini hari tadi. Setelah jenazah tiba di rumah duka di Karanganyar pagi tadi, keluarga mendapati adanya luka-luka tak wajar pada tubuh korban sehingga keluarga akhirnya melaporkan kematian Gilang ke polisi.

(sip/mbr)