Kelompok Ini Bikin Rumah Aspirasi Puan Tapi Ngaku Tak Dukung Pencapresannya

Rinto Heksantoro - detikNews
Minggu, 24 Okt 2021 14:56 WIB
Deklarasi Rumah Aspirasi Puan (RAP) Purworejo
Deklarasi Rumah Aspirasi Puan (RAP) Purworejo. (Foto: Rinto Heksantoro/detikcom)
Purworejo -

Sekelompok warga di Purworejo, Jateng, mendeklarasikan Rumah Aspirasi Puan (RAP). Namun mereka membantah deklarasi tersebut untuk mendukung Puan Maharani maju dalam Pilpres 2024.

Deklarasi digelar di sebuah rumah makan di Purworejo pada Minggu (24/10/2021). Susunan pengurus RAP Kabupaten Purworejo pun dibacakan dalam acara tersebut. Namun pengurus dengan tegas menyatakan bahwa deklarasi tersebut tidak ada hubungannya dengan dukungan untuk Puan Maharani sebagai capres pada Pilpres 2024.

"Bahwa Rumah Aspirasi Puan ini tidak terkait dengan dukung mendukung capres 2024 karena itu sama sekali bukan kewenangan kita," kata Penasihat RAP Kabupaten Purworejo, Basuki Rahmat, kepada wartawan, Minggu (24/10/2021).

Basuki menambahkan, kegiatan yang akan dilakukan RAP tersebut nantinya akan berhubungan dengan kegiatan sosial. Pihaknya juga mengaku tidak ada pengurus partai mana pun yang tergabung dalam rumah aspirasi itu.

"Jadi orientasi kami murni kegiatan sosial kemasyarakatan yang pertama itu, kemudian kegiatan koreksi sosial. Kita tidak menerima pengurus partai dari segala tingkatan manapun, dan kita juga tidak masuk dalam barisan banteng maupun celeng," imbuhnya.

Ketua RAP Kabupaten Purworejo, Wahyu Widiarso Eng mengatakan Puan Maharani sengaja diangkat sebagai tokoh panutan lantaran dianggap memiliki prestasi karena saat ini menjabat sebagai Ketua DPR RI sekaligus cucu Bung Karno.

"Hari ini sepakat karena melihat Mbak Puan kita tertarik dengan kepak sayap kebhinekaan, itu istilah yang menurut kami magic words di saat situasi negara tercerai berai gontok-gontokan saling tidak menghargai, kita lupa bahwa kita punya Bhineka Tunggal Ika," ucap Eng.

Simak video 'Blak-blakan FX Hadi Rudyatmo: "Puan Tak Pernah Undang Saya":

[Gambas:Video 20detik]



(mbr/mbr)