Ada Siswa Positif Corona, PTM SMP di Sleman Ini Disetop

Jauh Hari Wawan S - detikNews
Sabtu, 23 Okt 2021 14:43 WIB
Corona Virus test report Stock Image, Test tube
Ilustrasi kasus virus Corona (Foto: Getty Images/iStockphoto/Richard Maguluko)
Sleman -

Pemkab Sleman melakukan tes swab acak di sekolah yang melangsungkan pembelajaran tatap muka (PTM) atau sekolah tatap muka. Hasilnya seorang siswa di salah satu SMP daerah Kapanewon Pakem dinyatakan positif virus Corona atau COVID-19.

Pemkab Sleman kemudian menutup sementara sekolah yang terdapat kasus positif tersebut. Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengatakan langkah ini diambil agar sekolah tersebut segera distrerilisasi dan tracing.

"Saat ini (sekolah) ditutup. Selanjutnya dilakukan strerilisasi dan tracing dari kasus itu. Dan alhamdulillah, info terkini tidak ada (teman sekolah) yang positif," kata Kustini kepada wartawan, Sabtu (23/10/2021).

Dari hasil tracing, anak tersebut diketahui tertular positif COVID-19 dari orang tuanya saat di rumah. Untuk itu, Kustini mengingatkan pada para orang tua untuk memastikan protokol kesehatan di dalam rumah.

"Percuma juga kalau di sekolah sudah prokes tapi di rumah prokesnya kendor," katanya.

Dilanjutkan Kustini, pihaknya memastikan PTM di sekolah lain tetap berjalan seperti biasanya. Namun disamping itu, Pemkab Sleman juga akan melakukan swab sampling lanjutan untuk memastikan tidak ada penyebaran virus Corona.

"Kita akan adakan swab sampling lagi di lima kapanewon. Kita masifkan pemantauan baik dari lapangan maupun tes swab sampling agar semua aman dan sehat," katanya.

Kustini meminta masyarakat agar jangan panik dan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat. Baik saat di rumah maupun di sekolah.

"Sudah kita tangani dengan melibatkan dinas kesehatan, pendidikan serta pemangku setempat. Intinya orang tua dan siswa tidak perlu panik," pungkasnya.

(rih/rih)