DPD-DPC Partai Gerindra se-Jateng Deklarasi Prabowo Capres 2024

Ari Purnomo - detikNews
Sabtu, 23 Okt 2021 12:50 WIB
DPC-DPD Partai Gerindra se-Jateng deklarasi Prabowo Subianto sebagai capres 2024, Sabtu (23/10/2021).
DPC-DPD Partai Gerindra se-Jateng deklarasi Prabowo Subianto sebagai capres 2024, Sabtu (23/10/2021). (Foto: Ari Purnomo/detikcom)
Karanganyar -

DPD dan DPC Partai Gerindra se-Jawa Tengah (Jateng) mendeklarasikan Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres) di Pilpres 2024. Elektabilitas yang menjanjikan menjadi salah satu alasan pengurus dan kader mendorong Prabowo bersedia menerima usulan ini.

Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, deklarasi ini adalah untuk meminta kepada Prabowo maju menjadi capres 2024.

"Kader Partai Gerindra se-Jateng meminta kesediaan Pak Prabowo maju dicapreskan sebagai presiden dari Gerindra, dan kami telah terima tadi permintaan aspirasi di Jateng," ujar Dasco kepada wartawan usai deklarasi di Hotel Lor In, Karanganyar, Jateng, Sabtu (23/10/2021).

Aspirasi ini, lanjut Dasco, akan disampaikan kepada Prabowo dan berharap agar Ketua Dewan Pembina Gerindra itu bersedia memenuhi permintaan para kadernya.

"Kalau saya lihat, saya pikir (Prabowo) siap kalau melihat teman-teman di Jateng begitu bersemangat dan menggebu-gebu dan kami optimis tinggal hasil laporan kami ke Pak Prabowo," tuturnya.

Dasco juga mengatakan, sampai dengan hari ini deklarasi pencapresan Prabowo sudah dilakukan di 13 DPD di seluruh Indonesia.

"Melihat dari survei eksternal maupun internal elektabilitas Pak Prabowo cukup bagus dan paling tinggi, ini yang membuat keyakinan dari teman-teman kader di Jateng untuk meminta kesediaan Pak Prabowo untuk maju sebagai presiden," ucapnya.

Disinggung mengenai sosok yang berpeluang digandeng Prabowo, Dasco menyampaikan, untuk masalah itu akan dibahas nanti. Untuk saat ini, pihaknya masih menunggu kesediaan Prabowo terlebih dulu.

"Soal pendamping, saya pikir perlu dulu mendengar dari kesediaan Pak Prabowo untuk dicapreskan, baru kita bicara soal pendamping atau pun partai koalisi," katanya.

Sementara itu, Ketua DPC Partai Gerindra Solo Ardianto Kuswinarno mengatakan, usulan pencalonan Prabowo sebagai capres 2024 adalah dari akar rumput.

"Jateng mengusulkan dari bawah, tingkat ranting anak ranting mengusulkan Prabowo maju lagi. Alasan, beliau mempunyai cita-cita untuk memimpin negeri ini. Kalau cita-cita semua sudah tercapai, ini yang belum terlaksana," kata Ardianto.

(rih/rih)