Rentetan Gempa Darat Salatiga-Ambarawa, Ini Pesan BMKG

Uje Hartono - detikNews
Sabtu, 23 Okt 2021 10:45 WIB
Ilustrasi Gempa Bumi di Indonesia
Ilustrasi gempa bumi (Foto: Mindra Purnomo)
Banjarnegara -

Rentetan gempa darat terjadi di Kota Salatiga dan Ambarawa, Jawa Tengah, dini hari hingga pagi ini. BMKG Stasiun Geofisika Banjarnegara, Jateng, mengimbau agar warga tidak perlu khawatir.

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Banjarnegara Setyoajie Prayoedhie mengatakan, rentetan gempa yang terjadi di wilayah Kota Salatiga-Ambarawa merupakan gempa tektonik dangkal. Gempa tersebut biasa terjadi di sekitar wilayah yang dilalui sesar aktif.

"Masyarakat tidak perlu khawatir, karena peristiwa gempa bumi tektonik merupakan kejadian yang lazim terjadi. Khususnya untuk wilayah yang dilalui oleh sesar aktif," jelas Setyoajie saat dihubungi detikcom, Sabtu (23/10/2021).

Ia juga meminta kepada warga Salatiga-Ambarawa dan sekitarnya untuk beraktivitas normal seperti biasa. Pihaknya akan terus melakukan monitoring secara berkala.

"Secara berkala dan aktif kami terus memonitor kejadian kegempaan khususnya gempa bumi tektonik di Jawa Tengah dan sekitarnya. Jadi masyarakat Salatiga dan sekitarnya silakan beraktivitas normal seperti biasa. Jangan mudah terpancing hoax, jika membutuhkan informasi resmi terkait kegempaan bisa menghubungi kantor BMKG terdekat," ujarnya.

Setyoajie juga menyampaikan, gempa tektonik dangkal diduga dipicu oleh aktivitas sesar Merapi-Merbabu. Hingga saat ini, Sabtu (23/10) pukul 10.30 WIB tercatat telah terjadi 8 guncangan.

"Berdasarkan hasil analisa BMKG Stasiun Geofisika Banjarnegara hingga jam 10.00 WIB sudah terjadi 8 event gempa bumi susulan," sebutnya.

Lihat juga Video: Gempa M 5,3 Guncang Malang, Wali Murid Berhamburan Saat Rapat di Sekolah

[Gambas:Video 20detik]



(rih/rih)