Lagi, Gempa Darat M 3 di Salatiga

Uje Hartono - detikNews
Sabtu, 23 Okt 2021 10:29 WIB
Info Gempa Hari Ini di Papua Barat dan Pacitan
Foto: Seismograf, alat perekam getaran gempa (Robby Bernardi/detikcom)
Salatiga -

Gempa kembali terjadi di Kota Salatiga, Jawa Tengah, pukul 09.34 WIB tadi. Ini merupakan gempa susulan setelah wilayah Salatiga-Ambarawa diguncang gempa sejak dini hari tadi.

"Hari Sabtu, 23 Oktober 2021 pukul 09.34 WIB di wilayah Ambarawa, diguncang gempa susulan. Episenter gempa di darat pada jarak 13 km arah barat laut Kota Salatiga," kata Kepala BMKG Stasiun Geofisika Banjarnegara Setyoajie Prayoedhie saat dihubungi detikcom, Sabtu (23/10/2021).

Dari hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki magnitudo (M) 3. Sedangkan episenter gempa bumi terletak pada koordinat 7.253 LS dan 110.40529 BT. Gempa pada kedalaman 9 kilometer ini juga dirasakan warga.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas sesar lokal Merapi-Merbabu," jelasnya.

Lebih lanjut, Setyoajie mengingatkan warga agar tidak perlu panik terkait terjadinya rentetan gempa bumi. Namun, ia juga meminta agar warga menghindari bangunan yang rusak atau retak akibat gempa tersebut.

"Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa," ujarnya.

Ia juga meminta kepada warga untuk memeriksa bangunan tempat tinggal masing-masing. Ha ini dilakukan sebagai upaya mengantisipasi bangunan roboh akibat gempa.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa atau tidak. Termasuk dilihat ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah," pesannya.

Simak juga Video: Gempa M 5,3 Guncang Malang, Wali Murid Berhamburan Saat Rapat di Sekolah

[Gambas:Video 20detik]




(rih/rih)