Cukupi Pakan Kalkun, Pemuda Kudus Budi Daya Tanaman Azolla di Irigasi

Dian Utoro Aji - detikNews
Sabtu, 23 Okt 2021 09:17 WIB
Saluran irigasi digunakan sebagai budi daya tanaman Azolla di Desa Undaan Tengah, Kecamatan Undaan, Kudus, Selasa (19/10/2021).
Saluran irigasi digunakan sebagai budi daya tanaman Azolla di Desa Undaan Tengah, Kecamatan Undaan, Kudus, Selasa (19/10/2021). Foto: Dian Utoro Aji/detikcom
Kudus -

Pemuda Desa Undaan Tengah, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, memanfaatkan saluran irigasi menjadi tempat budi daya tanaman Azolla. Hal tersebut diharapkan bisa mencukupi kebutuhan pakan ternak kalkun di Desa Undaan Tengah.

Pantauan di lokasi, saluran irigasi yang diubah menjadi tempat budi daya tanaman Azolla berada di gang 3 Undaan Tengah. Ada dua lokasi saluran irigasi yang disulap jadi tempat budi daya. Masing-masing berukuran setengah hektare.

Pemuda Gang 3, Desa Undaan Tengah, Muhammad Syaroful Anam, mengatakan saluran irigasi tersebut mulanya banyak ditanami eceng gondok. Pemuda berinisiatif mengembangkan budi daya tanaman Azolla untuk memenuhi pakan kalkun di wilayahnya.

Dia menjelaskan di Desa Undaan Tengah dikenal dengan kampung kalkun. Warga pun kebanyakan memiliki hewan ternak ayam kalkun.

"Ada eceng godok banyak jadi inisiatif pemuda di tengah pandemi memanfaatkan waktu daripada kurang bermanfaat sehingga kita buat kolam ikan sama budidaya Azolla," kata Anam kepada wartawan ditemui di lokasi, Selasa (19/10/2021).

Dia mengatakan pemanfaatan saluran irigasi menjadi budi daya tanaman Azolla tersebut sudah dikerjakan sejak sebulan yang lalu. Dengan demikian, kata dia, ke depan pemuda bisa meningkatkan perekonomian warga. Apalagi saat ini masih tengah masa pandemi virus Corona atau COVID-19.

"Ini pembuatan pertama satu bulan yang lalu. Jadi karena pemuda di sini buat kelompok sehingga kita upaya supaya bagaimana di saat pandemi kita produktif," ungkap dia.

"Budi daya Azolla itu manfaatnya untuk hewan ternak kalkun," sambung dia.

Selengkapnya di halaman selanjutnya...

Lihat juga Video: Mentan Ungkap soal Harga Telur Anjlok-Pakan Melejit

[Gambas:Video 20detik]