Hutan Kuburan Massal PKI Grobogan Dikenal Angker, Begini Ceritanya

Manik Priyo Prabowo - detikNews
Minggu, 17 Okt 2021 19:36 WIB
Mayat wanita dalam kondisi terikat dan terbungkus plastik ditemukan di hutan kawasan Grobogan. Hutan itu dikenal sebagai lokasi pembuangan mayat sejak Orde Baru
Potret Hutan yang Jadi Tempat Penemuan Mayat Wanita di Grobogan (Foto: Manik Priyo Prabowo/Detikcom)
Grobogan -

Hutan Tongtongan di Grobogan, Jawa Tengah menjadi lokasi penemuan mayat wanita bugil terbungkus plastik ternyata merupakan kuburan massal aktivis PKI. Hutan itu pun ternyata dikenal angker oleh warga setempat.

"Termasuk seram dan menakutkan, karena ada pegawai pemotong pohon dari petugas Perhutani yang kesurupan. Tiba-tiba bicara semaunya sendiri dan penebangan pun dibubarkan," jelas salah satu tokoh warga Desa Juworo, Kecamatan Geyer, Kabupaten Grobogan, Slamet (63) saat ditemui detikcom di lokasi, Minggu (17/10/2021).

Hutan Tongtongan yang berlokasi di Desa Juworo, Kecamatan Geyer, Grobogan itu menjadi lokasi kuburan massal aktivis PKI era 1965-1980. Slamet yang menjadi salah satu saksi mata eksekusi mati para aktivis PKI di desa itu menyebut daerah hutan itu memang dikenal sepi.

"Menurut saya jarang yang datang melihat. Saya saja baru melayani 4 kali mengantarkan orang ke kuburan PKI ini. Dari Mabes Polri dari Polda Jateng dan jurnalis. Datang juga bikin artikel soal sejarah pemakaman massal itu saja," lanjut Selamet.

Meski dikenal sebagai kuburan massal, tak ada jejak nisan di area hutan tersebut. Selain cerita soal kesurupan, ada juga cerita soal penampakan saat proses betonisasi ruas jalan di dekat hutan itu.

"Katanya yang kerja di depan warung saya ditemui orang dan diberi uang, tapi tiba-tiba hilang sendiri. Terus ada kepala yang mendekat. Kalau suara aneh saya tidak tahu karena saya paling malam buka warung hanya sampai magrib saja," jelas Suyatmi (53) pemilik warung yang jaraknya sekitar 500 meter dari kuburan massal PKI dan dekat dengan lokasi penemuan mayat wanita bugil terbungkus kantong plastik.

Sebelumnya diberitakan, hutan Tongtongan ini menjadi lokasi penemuan mayat wanita bugil terbungkus plastik. Lokasi penemuan mayat ini ternyata tak jauh dengan area kuburan massal aktivis PKI 1965.

Pantauan detikcom, area tempat penemuan mayat wanita bugil terbungkus plastik itu cukup sepi. Tak ada penerangan di sekitar lokasi, kecuali dari kendaraan yang melintas, sehingga dipastikan area itu gelap di malam hari. Hutan ini pun dipenuhi tanaman jati maupun trembesi.

(ams/ams)