Paundra Singgung Sukarno-Suksesi Mangkunegaran, Ini Kata Cucu Moh Yamin

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Minggu, 17 Okt 2021 17:57 WIB
Cucu Mangkunegara VIII, KRMH Roy Rahajasa Yamin.
Cucu Mangkunegara VIII, KRMH Roy Rahajasa Yamin. (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo -

Putra mendiang Mangkunegara IX, GPH Paundrakarna Jiwa Suryanegara menyinggung soal darah Sukarno hingga suksesi Pura Mangkunegaran dalam pernyataan politiknya. Cucu pahlawan nasional Moh Yamin sekaligus cucu KGPAA Mangkunegara VIII, KRMH Roy Rahajasa Yamin yang kini menjadi salah satu kandidat pewaris takhta Pura Mangkunegaran pun angkat bicara soal pernyataan Paundra.

"Saya itu nggak punya medsos, tapi Paundra memang aktif dan sering menulis seperti itu, menulis apapun, perasaan seperti apa diungkapkan. Silakan tanya ke Mas Paundra. Kalau ada kaitannya apa nggak, mungkin waktunya aja kebetulan," kata Roy saat dihubungi detikcom, Minggu (17/10/2021).

Dia menegaskan hubungannya baik dengan adik-adik sepupunya, baik Paundra hingga GPH Bhre Cakrahutomo. Untuk diketahui, ibu Roy merupakan kakak dari Mangkunegara IX, GRA Retno Satuti.

"Saya sama sepupu-sepupu saya itu peduli dan sayang sejak kecil. Adiknya Paundra itu ikut saya sejak sebelum dua tahun, namanya Menur. Menur itu dah seperti adik saya. Hubungan kami semua baik," ujarnya.

Nama Roy pun muncul sebagai calon alternatif selain dua putra Mangkunegara IX, yaitu Paundra dan Bhre. Roy enggan berkomentar terkait namanya yang diperhitungkan menjadi calon suksesor Mangkunegara IX.

"Kalau itu (suksesi) silakan ke keluarga saja," tutupnya

Untuk diketahui, isu suksesi di Pura Mangkunegaran kembali mencuat setelah GPH Paundrakarna Jiwa Suryanegara muncul dengan pernyataan politiknya. Putra Mangkunegara IX sekaligus cucu proklamator kemerdekaan RI Soekarno itu menuliskan pernyataan di akun Instagram @gphpaundrakarna1 dan mengirim ke sejumlah wartawan.

Isi pernyataannya ialah Paundra mengatakan menjadi pemimpin kerajaan tidaklah seperti kompetisi ataupun pemilihan legislatif, melainkan atas kehendak Tuhan dan para pendahulu.

Kemudian dia juga mengingatkan agar tidak ada pihak yang menyepelekan dirinya. Paundra juga mengingatkan adanya karma yang buruk.

Berikut isi pernyataan lengkap Paundra yang diterima detikcom:

Anggap saja ini adalah sebuah Peryataan Politik dari saya nggih poro Sedulur ingkang budiman lan berbudi pekerti luhur,,
Mulut saya dan perkataan saya adalah 'Bom Waktu' untuk siapa saja yang tidak baik,, Dan saya sebagai insan Manusia berketuhanan dan sebagai putera Mangkunegaran saya memiliki Hak Prerogatif untuk bicara,,

Selengkapnya soal pernyataan Paundra yang bawa-bawa darah Sukarno hingga suksesi Mangkunegaran..

Lihat juga Video: Wujud 8 Mobil Listrik di Solo untuk Wisata Keliling Kota

[Gambas:Video 20detik]