ADVERTISEMENT

Mbah Minto Penjaga Kolam Ikan Melawan Pencuri Justru Ditahan Polisi

Mochamad Saifudin - detikNews
Rabu, 13 Okt 2021 19:24 WIB
Kapolres Demak AKBP Budi Adhy Buono, Rabu (13/10/2021).
Kapolres Demak AKBP Budi Adhy Buono, Rabu (13/10/2021). (Foto: Mochamad Saifudin/detikcom)
Demak -

Seorang kakek di Kabupaten Demak, Kasmito (74) atau Mbah Minto, ditahan terkait kasus penganiayaan. Mbah Minto ditahan gegara memergoki dan melawan pencuri ikan di kolam yang ia jaga.

"Ya (Mbah Minto ditahan), karena adanya laporan penganiayaan," kata kuasa hukum Mbah Minto, Haryanto, saat dihubungi detikcom melalui telepon, Rabu (13/10/2021).

Haryanto mengungkapkan Mbah Minto diamankan polisi pada 7 September 2021 malam usai kejadian tersebut. "Dari 8 September 2021 sampai sekarang ditahan," ujar Haryanto yang juga Direktur Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Demak Raya tersebut.

Haryanto menjelaskan, Mbah Minto merupakan penjaga kolam ikan dan pekarangan milik warga setempat. Mbah Minto terpaksa melawan dengan membacok pria berinisial M (38) karena sebelumnya sudah seringkali kehilangan peralatan dan ikan.

"Mbah Minto itu kan sebagai penjaga kolam ikan dan pekarangan karena pada malam-malam sebelumnya sudah sering terjadi pencurian di lokasi wilayah Mbah Minto.

Akhirnya pada 7 September malam setelah Isya, Mbah Minto memergoki ada orang masuk wilayah lahan kolam ikan yang dia jaga. "Itu kan ada pagarnya. Masuk, motornya ditaruh di gubuk, kebetulan Mbah Minto kan tinggalnya di gubuk itu setiap harinya menjaga kolam," paparnya.

"Kemudian Mbah Minto lihat ada orang langsung nyetrum ikan di kolam ikan itu. Selang 20 menitan, akhirnya terjadilah yang dinamakan penganiayaan tadi oleh Mbah Minto terhadap pencuri ikan yang berada di kolam," lanjut Haryanto.

Haryanto menjelaskan Mbah Minto melakukan pembacokan lantaran membela lahan dan mempertahankan diri. Ia berharap kasus yang menimpa Mbah Minto dapat dilihat dari konteks keseluruhan.

"Mbah Minto membela diri, karena pencuri membawa setrum ikan di situ akhirnya Mbah Minto membacok dengan arit. Karena merasa sering kemalingan sebelumnya, mungkin itu hingga akhirnya emosi," tuturnya.

"Yang diharapkan Mbah Minto dan warga Desa Pasir ya kalau Mbah Minto dipenjara terkait penganiayaan maling itu, berarti juga harus ada keadilan hukum menurut mereka itu, yaitu maling yang itu juga diproses juga. Kasus pencuriannya juga harus diungkap, karena dilakukan pembacokan kan pastinya ada sebab-akibat, karena ada pencurian, karena melakukan pembelaan atau perlawanan terhadap wilayah yang dikuasai Mbah Minto," sambung Haryanto.

Halaman selanjutnya, penjelasan polisi...

Simak video 'Buntut Pedagang Dipukul Preman Jadi Tersangka, Kapolsek Terancam Dicopot!':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT