2 Pasangan di Brebes Buat KK Nikah Siri, Salah Satunya Pria Beristri

Imam Suripto - detikNews
Jumat, 08 Okt 2021 13:19 WIB
Disdukcapil Brebes
Kantor Disdukcapil Brebes. (Foto: Imam Suripto/detikcom)
Brebes -

Pasangan yang nikah siri kini bisa dimasukkan dalam satu kartu keluarga (KK). Di Brebes sudah ada dua pasangan nikah siri yang mengajukan permohonan KK.

Kasi Pindah Datang, Bidang Pendaftaran Penduduk, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Brebes, Eko Setyawan, mengungkap kedua pasangan nikah siri ini berasal dari Kecamatan Brebes dan Kersana.

"Dua pasangan nikah siri sudah mengajukan permohonan KK. Sudah jadi dan diterima oleh pemohon. Dalam sepakan ini baru dua. Mungkin nanti bakal lebih banyak (pasangan nikah siri) yang mengajukan KK," kata Eko Setyawan saat ditemui wartawan di kantornya, Brebes, Jumat (8/10/2021).

Eko menerangkan dari dua pasangan yang menikah siri itu, salah satunya merupakan pria beristri, tapi kawin siri dengan wanita lain yang berstatus janda. Sementara seorang lagi merupakan pria berstatus duda dan wanita berstatus janda.

"Yang dari Kecamatan Brebes itu pria beristri yang menikah lagi secara siri dengan wanita janda. Sedangkan dari Kecamatan Kersana, pria duda dan wanita janda," tambahnya.

Eko menerangkan ada sedikit perbedaan antara KK kawin resmi dengan nikah siri. Dalam KK kawin resmi, status perkawinan suami istri ini diberi keterangan tercatat, sedangkan KK nikah siri status perkawinan diberi keterangan belum tercatat.

Perbedaan lainnya, lanjut Eko, jika laki-laki (suami) memilih tinggal bersama istri sah, maka dalam KK nikah siri namanya tidak dicantumkan. Keterangan nama suami akan muncul bila pasangan nikah siri ini memiliki anak, karena dalam keterangan orang tua anak tersebut akan disertakan nama ayahnya. Lain halnya jika pria ini memilih tinggal bersama pasangan sirinya, maka namanya akan dicantumkan dalam KK siri.

"KK siri dengan resmi berbeda. Nama pria bila tidak tinggal serumah tidak akan dicantumkan. Nama pria akan muncul bila mereka punya anak karena akan dicantumkan dalam keterangan orang tua dari anak," bebernya.

Simak juga 'Menteri PPPA Akan Keluarkan Peraturan Larangan Kawin Kontrak':

[Gambas:Video 20detik]



(ams/sip)