Gibran Kini Izinkan Anak-anak Masuk Mal, Karaoke di Solo Dibuka Lagi

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Selasa, 05 Okt 2021 19:13 WIB
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (Foto: Ari Purnomo/detikcom)
Solo -

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka melonggarkan sejumlah aturan menyusul menurunnya status PPKM Solo ke level 2. Kini anak-anak sudah boleh mengakses beberapa tempat umum.

Regulasi terbaru diatur dalam Surat Edaran (SE) Wali Kota Solo nomor 067/3272 yang ditandatangani hari ini. Selain pelonggaran untuk anak-anak, sejumlah tempat hiburan yang sebelumnya ditutup, kini boleh beroperasi.

"Anak-anak harus dengan pendampingan orang tua. Gym, karaoke boleh buka, museum sekarang sudah buka," kata Gibran di Balai Kota Solo, Selasa (5/10/2021).

Sementara itu, Ketua Pelaksana Harian Satgas COVID-19 Solo, Ahyani, mengatakan tetap memberi batasan pada tempat-tempat hiburan yang buka. Pembatasan tersebut antara lain terkait kapasitas.

"Tempat hiburan tetap kita batasi agar terkendali. Jangan terus lepas begitu saja, karena wabah ini kan belum selesai," ujar Ahyani.

Terlihat pada poin Pelaksanaan nomor 6 huruf j, anak-anak usia 5-12 tahun sudah boleh masuk mal dengan syarat didampingi orang tua.

Kegiatan pada pusat perbelanjaan/mal/pusat perdagangan dengan ketentuan :
1) Diizinkan beroperasi dengan kapasitas maksimal 50% (lima puluh persen) dari pukul 10.00 WIB - 21 .00 WIB dan menerapkan protokol kesehatan yang diatur oleh Kementerian Perdagangan;
2) Penduduk usia 5 (lima) sampai dengan 12 (dua belas) tahun diperbolehkan masuk dengan syarat didampingi orang tua;
3) Wajib menggunakan aplikasi Peduli Lindungi untuk melakukan skrining terhadap semua pengunjung dan pegawai pusat perbelanjaan/ mall/ pusat perdagangan terkait.

Kemudian pada angka 6 huruf n, anak-anak di bawah 12 tahun masih dilarang untuk masuk ke area taman hingga tempat wisata.

Fasilitas umum (area publik, taman umum, tempat wisata umum, museum, tempat hiburan dan area publik lainnya) diizinkan buka dengan kapasitas maksimal 25% (dua puluh lima persen) dengan menerapkan
1) mengikuti protokol kesehatan yang diatur oleh Kementerian Kesehatan dan/atau kementerian/lembaga terkait;
2) wajib menggunakan aplikasi Peduli Lindungi untuk melakukan skrining terhadap semua pengunjung dan pegawai; dan
3) anak di bawah 12 (dua belas) tahun dilarang untuk masuk;

Sedangkan pada angka 6 huruf m, anak-anak diperbolehkan masuk ke arena ketangkasan dan game online dengan pengawasan orang tua.

Arena ketangkasan dan game online diizinkan buka dengan ketentuan sebagai berikut:
1) diizinkan buka dengan jam operasional pukul 09.00-17.00 WIB dengan jumlah pengunjung maksimalS0% (lima puluh persen) dari kapasitas normal dan protokol kesehatan yang sangat ketat;
2) Anak usia 5 (lima) sampai dengan 12 (dua belas) tahun diperbolehkan masuk dengan syarat didampingi orang tua;
3) penerapan jaga jarak bagi pelanggan pengunjung minimal 2 (dua) meter;
4) seluruh pegawai wajib sudah memperoleh vaksinasi dosis kedua; dan
5) wajib menggunakan aplikasi Peduli Lindungi untuk melakukan skrining terhadap semua pelanggan/pengunjung dan pegawai.

Simak video 'Solo Turun Jadi PPKM Level 2, Gibran: Berkat Kontribusi TNI':

[Gambas:Video 20detik]



(ams/rih)