Heboh Anggota Satpol PP Gunungkidul Gelar Hiburan Campursari Saat Hajatan

Pradito Rida Pertana - detikNews
Selasa, 05 Okt 2021 18:41 WIB
Tangkapan layar video viral penyanyi campursari di hajatan anggota Satpol PP Gunungkidul
Tangkapan layar video viral penyanyi campursari di hajatan anggota Satpol PP Gunungkidul (Foto: dok. Istimewa)
Gunungkidul -

Video yang memperlihatkan acara hajatan seorang anggota Satpol PP Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), yang mengundang penyanyi campursari, dan memicu kerumunan viral di media sosial. Anggota Satpol PP itu pun kini terancam sanksi.

Video yang beredar berdurasi 30 detik itu menunjukkan seorang penyanyi campursari sedang asyik bernyanyi di bawah tenda biru. Tampak pemain organ dengan sound system mengiringi penyanyi tersebut.

Para tamu hajatan tampak mengelilingi penyanyi tersebut. Beberapa di antaranya tampak tidak memakai masker.

Dimintai konfirmasi, Kepala Bidang Penegakan Perda Satpol PP Gunungkidul Taufiq Nur Hidayat membenarkan penyelenggara hajatan itu merupakan anggotanya. Dia menerangkan hajatan itu digelar di Kalurahan Bejiharjo, Kapanewon Karangmojo, Gunungkidul, Minggu (3/10) lalu.

"Itu terjadi di lingkungan daerah (Kalurahan) Bejiharjo (Kapanewon) Karangmojo, dan memang betul itu (hajatan Satpol PP)," kata Taufiq kepada wartawan, Selasa (5/10/2021).

Taufiq menyebut soal sanksi dia serahkan kepada pimpinan. Merujuk instruksi bupati (Inbup) Gunungkidul Nomor 443/4233 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3 COVID-19 di Gunungkidul, khususnya pada huruf m, menyatakan hajatan tidak boleh menggunakan hiburan/campursari/elektun ataupun sejenisnya, dengan maksimal 20 tamu undangan.

"Soal jagong dan sebagainya, bahwa Tedjo (penyanyi campursari) hadir untuk jagong suruh nyanyi, prinsipnya itu terjadi," terang Taufiq.

Taufiq mengatakan Plt Kepala Satpol PP Gunungkidul Winaryo telah memanggil penyelenggara hajatan yang bertugas di bagian tata usaha berinisial DS. Dalam klarifikasi tersebut yang bersangkutan mengaku mengundang penyanyi campursari itu untuk memenuhi nazarnya.

"Tentunya alasan nazar pembelaan diri yang bersangkutan, nanti ada sebuah kebijakan dari pimpinan," jelas dia.

Terpisah, DS mengaku tidak berniat menghadirkan penyanyi campursari Dimas Tedjo saat hajatan anaknya. Dia menyebut Tedjo merupakan tamu undangan karena merupakan tetangga dari besannya.

"Tedjo hadir tidak lama, hanya sekitar setengah jam," kata DS.

Tonton juga video bincang-bincang tentang bahaya stroke di bawah ini:

[Gambas:Video 20detik]



(ams/rih)