Seluruh DIY Masih Bertahan di PPKM Level 3, Pemda Akan Lakukan Ini

Heri Susanto - detikNews
Selasa, 05 Okt 2021 10:13 WIB
Yogyakarta -

Status PPKM di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) saat ini masih bertahan di level 3. Padahal, capaian vaksinasi di DIY total adalah 80 persen dan 60 persen lanjut usia (lansia) sudah mendapatkan vaksin dosis pertama. Lalu, kenapa DIY masih bertahan di level 3?

Sekretaris Daerah (Sekda) DIY Kadarmanta Baskara Aji mengaku pihaknya akan menanyakan status di DIY tersebut kepada Koordinator Penanganan COVID-19 yaitu Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Rapat dengan Luhut rencananya akan berlangsung hari ini.

"Kita belum tahu (penyebab DIY bertahan di level 3). Kita tunggu rapat dengan Pak Luhut," kata Aji, saat dihubungi wartawan, Selasa (5/10/2021).

Aji menjelaskan penentuan status PPKM semuanya berada di pemerintah pusat. Pemda DIY bersama dengan pemkab dan pemkot hanya melaksanakan instruksi dari pemerintah pusat.

"Nanti pasti ditanyakan," jelasnya.

Sebelumnya, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X memprediksi DIY bakal kembali bertahan di level 3. Hal tersebut tak lepas dari pemantauan orang tanpa gejala (OTG) yang sulit dilakukan. Apalagi, jika OTG tersebut belum mendapatkan vaksin.

"Kalau kemungkinan ya mesti diperpanjang. Karena selama OTG masih fluktuatif seperti ini ya diperpanjang," kata Sultan.

Sedangkan untuk capaian vaksinasi, berdasarkan data Pemda DIY sampai 4 Oktober kemarin, mencapai 83,45 persen dan untuk lansia mencapai 63,23 persen.

(mbr/sip)