Izin Jenderal Gatot! Diorama-Patung Soeharto di Monjali Yogya Masih Utuh

Jauh Hari Wawan S - detikNews
Jumat, 01 Okt 2021 15:15 WIB
Diorama Soeharto di Monjali Yogyakarta
Diorama Soeharto di Monjali Yogyakarta. (Foto: Jauh Hari Wawan S/detikcom)

Kemudian, pada diorama nomer 8. Yakni fragmen yang memperlihatkan saat tentara Belanda meninggalkan Yogyakarta.

"Yang kedua, di diorama nomer 8 yaitu pelepasan tentara Belanda setelah serangan umum, yang di situ Belanda harus hengkang dari Yogyakarta. Di situ ada HB IX didampingi Kepala Polisi Negara, juga ada Letkol Soeharto," katanya.

Kemudian, pada diorama nomer 9 sosok Pak Harto muncul kembali. Pada diorama itu menceritakan saat pertemuan antara Jendral Soedirman dan TB Simatupang setelah bergerilya selama 7 bulan, dan itu diterima oleh Bung Karno di Gedung Agung. "Di situ juga ada Pak Harto ikut menerima kedatangan Jenderal Soedirman," katanya.

Diorama Soeharto di Monjali YogyakartaDiorama Soeharto di Monjali Yogyakarta (Foto: Jauh Hari Wawan S/detikcom)

Secara keseluruhan, koleksi yang berkaitan dengan sosok Presiden kedua RI itu berjumlah sepertiga dari total koleksi museum. Total museum yang berdiri di tanah seluas 5 hektare itu menyimpan 1.433 koleksi. Terdiri dari senjata, arsip, fragmen, foto-foto, baju pejuang dan lain-lain.

"Koleksinya ada di Monjali, tapi jumlahnya hanya sepertiga. Ada senapan dan foto. Kalau patung itu ya dibangun saat masa pembangunan Monjali. Antara 1985-1989 waktu itu dibantu mahasiswa ISI juga," jelasnya.


(mbr/ams)