Viral Kades di Banjarnegara Rusak-Cabuti Papan Reklame, Ini Alasannya

Uje Hartono - detikNews
Kamis, 30 Sep 2021 13:52 WIB
Tangkapan layar Kades Kalilunjar, Banjarnegara, saat mencabut papan reklame.
Tangkapan layar Kades Kalilunjar, Banjarnegara, saat mencabut papan reklame. (Foto: dok. Kades Kalilunjar)
Banjarnegara -

Video pria tengah mencabut papan reklame viral di media sosial. Pria dengan memakai seragam aparatur sipil negara (ASN) terlihat emosi saat mencabuti papan reklame tersebut.

Dalam video yang berdurasi 1,47 detik dan 18 detik ini memperlihatkan pria tengah mencabuti papan reklame. Awalnya papan reklame yang berada di tepi jalan ini ditendang kemudian dicabuti dengan tangan kosong.

Belakangan diketahui bahwa kejadian tersebut dilakukan oleh Kepala Desa Kalilunjar Kecamatan Banjarmangu, Banjarnegara. Ia mengaku geram dengan keberadaan papan reklame yang mengakibatkan korsleting listrik.

"Benar itu saya pada Senin (27/9/2021). Karena saya mendapat aduan dari warga papan reklame sempat membuat lampu padam di desa kami dan desa tetangga," kata Kades Kalilunjar, Slamet Rahardjo, saat ditemui di lokasi kejadian, Kamis (30/9/2021).

Disebutkan, papan reklame yang sudah dipasang selama satu minggu ini menyentuh kabel listrik yang melintas di atas papan reklame. Bahkan, sempat terjadi percikan api akibat papan reklame menempel sambungan kabel listrik.

"Pernah ada percikan, dan saat dipegang ada aliran listriknya. Makanya pertamanya saya tendang. Itu papan reklame tingginya 4 meter jadi sampai menyentuh sambungan kabel listrik ada juga kabel telepon," jelasnya.

Namun dari enam papan reklame produk rokok ini, Slamet mengaku hanya mencabut tiga papan. Tiga lainnya sudah dicabut sendiri oleh pihak ketiga yang memasang.

"Saya hanya mencabut tiga papan reklame. Tapi ini katanya yang tiga sudah dicabut oleh pihak yang masang. Kalau soal izin pemasangan papan reklame, itu bukan kewenangan kami. Tetapi kalau dari pihak pemerintah desa tidak menahu," imbuhnya.

(rih/mbr)