Tak Semua Warga Bantul Rasakan Goyangan Gempa M 4,2

Pradito Rida Pertana - detikNews
Rabu, 29 Sep 2021 14:24 WIB
Ilustrasi gempa bumi (iStock)
Foto: Ilustrasi gempa bumi (iStock)
Bantul -

Gempa bumi magnitudo (M) 4,2 terjadi di wilayah pantai selatan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) siang ini. BPBD Kabupaten Bantul menyebut tidak semua warga merasakan getaran gempa tersebut.

"Kalau di Pusdalops tadi ada pemberitahuan (gempa) tapi kan tidak semua orang merasakan gempa. Jadi walaupun agak besar tapi lokasi yang membuat kita tidak merasakan (getaran gempa)," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bantul, Dwi Daryanto kepada detikcom, Rabu (29/9/2021).

Dwi menerangkan hingga saat ini belum ada laporan dampak gempa yang berpusat 77 kilometer barat daya Bantul pukul 12.58 WIB itu.

"Alhamdulillah sementara belum ada laporan mengenai kerusakan terkait gempa dam mudah-mudahan tidak ada," terangnya.

Sebelumnya diberitakan, gempa bumi magnitudo (M) 4,2 mengguncang wilayah pantai selatan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dirasakan hingga Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Kepala Stasiun Geofisika BMKG DIY, Ikhsan, menjelaskan bahwa gempa tektonik itu terjadi pada Rabu (29/9) pukul 12.58 WIB.

"Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter dengan magnitudo M 4,2," kata Ikhsan dalam keterangan yang dibagikan BMKG Yogyakarta, Rabu (29/9).

Pusat gempa bumi terletak pada koordinat 8.573 Lintang Selatan (LS) dan 110.15539 Bujur Timur (BT) atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 77 kilometer barat daya Bantul, pada kedalaman 40 kilometer.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Indo Australia," jelas Ikhsan.

Lihat juga video 'Yunani Diguncang Gempa Magnitudo 5,8 Sejumlah Bangunan Rusak':

[Gambas:Video 20detik]



(ams/mbr)