Terungkap! Sumber Suara Misterius Memekakkan Telinga di Polres Grobogan

Manik Priyo Prabowo - detikNews
Selasa, 28 Sep 2021 18:47 WIB
Suara misterius yang memekakkan telinga terdengar di Polres Grobogan, Selasa (28/9/2021).
Suara misterius yang memekakkan telinga terdengar di Polres Grobogan, Selasa (28/9/2021). Foto: Manik Priyo Prabowo/detikcom
Grobogan -

Sumber suara mendengung misterius dan memekakkan telinga di Mapolres Grobogan, Jawa Tengah, siang tadi akhirnya terungkap. Suara misterius itu adalah berasal dari perbaikan Kennel K9 atau kompleks unit anjing pelacak.

Kasat Sabhara Polres Grobogan AKP Haryono mengatakan suara tersebut muncul saat perbaikan berlangsung oleh tim kelistrikan.

"Itu merupakan bunyi dari perbaikan listrik di Kennel K9. Saat itu ada perbaikan listrik dan tim maintenance memperbaiki Kennel k9 tersebut," jelas Haryono melalui rilis Polres Grobogan, Selasa (28/9/2021).

Haryono pun memastikan suara tersebut bukanlah bunyi misterius. Namun bunyi dengan suara nyaring tersebut timbul karena adanya perbaikan listrik. Sehingga petugas yang memeriksa kendaraan taktis, sirene, atau pengeras suara juga tidak akan menemukan sumbernya.

"Bunyi ditimbulkan memang membuat telinga terganggu. Mungkin petugas yang lain belum tahu jika ada perbaikan," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, suara mendengung misterius dan memekakkan telinga terdengar dari Mapolres Grobogan, Jawa Tengah, siang tadi. Petugas tampak mencari sumber suara tapi belum diketahui asalnya.

"Sampai akhirnya saya pun memeriksa beberapa motor Dalmas, namun juga tidak ditemukan. Mungkin suara misterius atau apa saya juga nggak paham," kata Kasubag Perawatan Personel Polres Grobogan, Iptu Mujiyadari, kepada wartawan, Selasa (28/9).

Suara itu terdengar muncul dari lokasi parkiran kendaraan taktis (rantis) Dalmas Polres Grobogan sekitar pukul 12.00 WIB tadi. Petugas tampak memeriksa sejumlah kendaraan di parkiran itu.

Pantauan detikcom, suara itu terdengar selama lebih dari 45 menit. Suara itu hilang dengan sendirinya pada pukul 12.55 WIB.

Tampak ada warga yang juga datang untuk ikut mencari sumber suara. Namun karena suara dengungannya memekakkan telinga, warga mengaku tak kuat berada di lokasi itu lebih lama.

"Keras banget suaranya. Tadi habis salat dan penasaran liat ikut mencari. Tapi nggak kuat jadi saya pergi saja," jelas warga yang ikut mencari sumber suara di Mapolres Grobogan, Mulyanto (45).

(rih/ams)