Pria Sragen Nekat Bakar Mobil Tetangga, Ternyata Gegara Jengkel Soal Ini

Andika Tarmy - detikNews
Senin, 27 Sep 2021 12:13 WIB
Warga Sragen membakar mobil tetangga
Warga Sragen membakar mobil tetangga. (Foto: Andika Tarmy/detikcom)
Sragen -

Ahmad Nuryanto (52), warga Kampung Kauman, Kelurahan Sragen Wetan, Sragen, Jawa Tengah, ditangkap polisi usai nekat membakar mobil tetangganya sendiri. Tersangka mengaku emosi karena korban sering memarkir mobil menutupi halaman rumahnya.

"Tersangka merasa sakit hati mengingat mobil yang diparkir oleh pemilik selalu menghalangi rumah tersangka," ujar Kapolres Sragen AKBP Yuswanto Ardi saat menggelar rilis kasus di Mapolres Sragen, Senin (27/8/2021).

Aksi pembakaran ini dilakukan tersangka pada Sabtu (25/9) sekitar pukul 03.30 WIB. Kebetulan tersangka tinggal di sekitar Masjid Kauman sehingga kejadian ini sempat mengagetkan warga yang hendak melaksanakan salat subuh.

"Tersangka memiliki motif yang sifatnya pribadi dan tidak ada pihak manapun yang memerintah, sehingga peristiwa ini tidak terkait dengan peristiwa mana pun," jelas Ardi.

Ardi menyebut, saat kejadian tersangka keluar rumah dan mendapati mobil korban parkir di depan halaman rumahnya. Karena jengkel, tersangka kemudian mengambil cangkul untuk merusak mobil korban.

"Tersangka menggunakan cangkul kemudian memecahkan kaca dan lalu menuang spirtus dan membakar menggunakan korek api," paparnya.

Warga Sragen membakar mobil tetanggaWarga Sragen membakar mobil tetangga. (Foto: Andika Tarmy/detikcom)

Akibat aksi tersangka, mobil korban berjenis minibus tersebut hangus menyisakan kerangka besi. Korban menderita kerugian material hingga Rp 35 juta.

"Kita berhasil mengungkap kasus pembakaran ini. Untuk pelaku sudah kita tetapkan tersangka dan kita lakukan penahanan," tegasnya.

Tersangka diamankan dengan barang bukti korek api dan cangkul. Tersangka dijerat dengan pasal 187 KUHP ayat 1 yaitu barang siapa dengan sengaja membahayakan keamanan umum bagi orang/barang yang menimbulkan kebakaran atau ledakan atau banjir.

"Akan dipidana dengan pidana penjara maksimal 12 tahun penjara," pungkasnya.

Lihat juga video 'Mobil Legendaris Mustang V8 Terbakar di Pondok Indah':

[Gambas:Video 20detik]



(mbr/sip)