Kata DPC PDIP Purworejo soal Pengurusnya Dukung Ganjar Capres-Siap Dipecat

Rinto Heksantoro - detikNews
Minggu, 26 Sep 2021 17:13 WIB
Ketua DPC PDIP Kabupaten Purworejo, Dion Agasi Setyabudi.
Ketua DPC PDIP Kabupaten Purworejo, Dion Agasi Setyabudi. (Foto: dok. Dion Agasi)
Purworejo -

Wakil Ketua DPC PDIP Kabupaten Purworejo, Albertus Sumbogo, mengaku siap dipecat jika dukungan terhadap Ganjar Pranowo maju Pilpres 2024 dianggap sebagai pelanggaran. Ketua DPC PDIP Purworejo Dion Agasi Setyabudi pun angkat bicara.

"Jadi apa yang dilakukan oleh Pak Sumbogo selaku pengurus DPC PDIP itu sudah menyalahi aturan. Beliau juga tidak izin ke pengurus lain. Tentu, kami dari DPC nanti akan memberikan sanksi tegas, begitu juga jika ada kader lain yang mengikuti Pak Sumbogo," kata Dion saat dihubungi detikcom, Minggu (26/9/2021).

Mengenai sanksi tegas apa yang akan diberikan ke Sumbogo, Dion mengaku masih akan dibahas melalui mekanisme internal partai. Menurut Dion, urusan pencalonan dan dukung mendukung terkait capres, itu adalah wewenang Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP.

Dion menambahkan, saat ini pihaknya tengah fokus ikut dalam penanganan COVID-19 di Kabupaten Purworejo. Pengusungan nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai capres 2024 adalah hal yang dianggapnya tergesa-gesa.

"Kami saat ini sedang fokus penanganan COVID-19. Terkait dukungan untuk capres itu masih sangat jauh. Kita nunggu instruksi dari DPP, siapapun yang dipilih Ibu Mega nantinya tentu kita akan dukung sepenuhnya," imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, DPC Seknas Ganjar Indonesia (SGI) Kabupaten Purworejo mendeklarasikan diri siap mendukung Gubernur Jateng Ganjar Pranowo maju Pilpres 2024. Deklarasi digelar di sebuah rumah makan di Purworejo, Sabtu (25/9) petang. Acara juga dihadiri oleh Ketua Dewan Pimpinan Nasional (DPN) SGI Tedy Mulyadi dan Korwil SGI Jateng Alex Ngatidjan. Selain itu tampak hadir pula Wakil Ketua DPC PDIP Purworejo Albertus Sumbogo.

Dalam acara itu, Albertus Sumbogo mengaku siap menghadapi sanksi jika dukungan terhadap Ganjar dianggap sebagai pelanggaran. Dalam kepengurusan DPC SGI Kabupaten Purworejo sendiri, ia didapuk menjadi ketua.

Kesiapan menghadapi sanksi itu ia kemukakan setelah sebelumnya Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengumumkan partainya akan memberi sanksi disiplin kepada kader yang menyebutkan atau disebut akan menjadi capres atau cawapres. Terkait hal tersebut, Sumbogo mengatakan jika Hasto memiliki nalar yang tidak sehat.

"Kan nalare ora sehat iki (nalarnya tidak sehat ini). Rapopo (tidak apa-apa), saya siap dipecat, bangga malah," tegas Sumbogo.

(rih/rih)