Antisipasi Klaster PTM, Pelajar di Brebes-Solo Diswab Antigen

Bayu Ardi Isnanto, Imam Suripto - detikNews
Kamis, 23 Sep 2021 14:04 WIB
Pelajar di Brebes dites swab antigen untuk menyambut pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah.
Pelajar di Brebes dites swab antigen untuk menyambut pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah. (Foto: Imam Suripto/detikcom)
Solo -

Pembelajaran tatap muka (PTM) di Purbalingga dan Jepara, Jawa Tengah menjadi klaster penyebaran virus Corona atau COVID-19. Tak ingin peristiwa itu terulang, Pemerintah Kabupaten Brebes dan Pemerintah Kota Solo melakukan tes antigen acak ke para pelajar.

Di Brebes, tes swab antigen ini dilakukan serentak di tiga sekolah yakni SMA Negeri 2 Brebes, SMA Negeri 1 Larangan dan MTS Negeri 2 Brebes. Sampel swab siswa diambil secara random (acak) di masing-masing sekolah.

Untuk SMA Negeri 2 dan SMA Negeri 1 Larangan masing-masing sebanyak 50 sampel, sedangkan MTS Negeri 2 sampel yang diambil 25 orang. Hasil pemeriksaan swab antigen di tiga sekolah ini semuanya nonreaktif.

"Perlu dilaporkan, hasil rapid swab antigen di tiga sekolah semuanya negatif atau nonreaktif. Pemeriksaan dilakukan secara acak di tiga sekolah itu. Semuanya ada 125 sampel dan setelah diperiksa hasilnya nonreaktif," ungkap Sekda Brebes Djoko Gunawan kepada wartawan di Brebes, Kamis (23/9/2021).

Sementara itu, di Solo tes swab acak itu juga dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran COVID. Selain itu, dilakukan untuk persiapan menyambut PTM di sekolah.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka tak menyebutkan sekolah mana saja yang sudah dan akan dilakukan tes acak. Namun diketahui, salah satu sekolah yang sudah dites acak ialah SMKN 2 Solo dengan hasil negatif seluruhnya.

Tes acak, kata Gibran, menyasar seluruh murid, guru dan karyawan sekolah. Bahkan murid SD pun harus siap menjalani tes swab dadakan.

"Yang namanya random test ya rahasia. Swab test itu untuk kebaikan bersama, kita tahunya orang positif atau negatif dari mana kalau nggak di-swab. (Anak SD) harus mau," kata Gibran di rumah dinas Loji Gandrung, hari ini.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya...