Cek Talut Ambrol Dipukul Pakai Tangan, Ini Temuan Dinas PUPR Banjarnegara

Uje Hartono - detikNews
Rabu, 22 Sep 2021 19:42 WIB
Dinas PUPR Banjarnegara mengecek lokasi talut yang ambrol dipukul pakai tangan
Dinas PUPR Banjarnegara mengecek lokasi talut yang ambrol dipukul pakai tangan (Foto: dok. Dinas PUPR Banjarnegara)
Banjarnegara -

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Banjarnegara mengecek ke lokasi video viral talut yang ambrol dipukul pakai tangan. Dinas PUPR Banjarnegara menemukan ada kesalahan pembangunan yang tidak sesuai spesifikasi.

Sekdin PUPR Banjarnegara Arqom Al Fahmi membenarkan soal adanya talut yang dibangun tidak sesuai spesifikasi di proyek ruas Jalan Kutayasa-Larangan, Kecamatan Madukara. Pihaknya pun meminta kontraktor untuk membongkar bangunan talut tersebut.

"Kemarin dan hari ini, kami sudah cek langsung ke lapangan. Memang benar ada talut yang dibangun tidak sesuai spesifikasi yang ada," kata Arqom saat ditemui di ruang kerjanya, Banjarnegara, Rabu (22/9/2021).

Arqom menyebut berdasarkan hasil pemeriksaan talut di lokasi, ada 4 titik yang harus dibongkar dan diperbaiki. Dari keempat titik tersebut, satu di antaranya sepanjang 20 meter dengan tinggi sekitar 2 meter.

"Ada beberapa titik yang harus dibongkar untuk diperbaiki sesuai spesifikasi. Sedikitnya ada 4 titik, salah satunya ada yang panjangnya sampai 20 meter dengan tinggi 1,5 meter hingga 2 meter," terangnya.

Saat ini, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan penyedia jasa, konsultan pengawas perihal perbaikan bangunan talut tersebut. Arqom meminta untuk memanfaatkan batas waktu pengerjaan yang habis pada 26 Oktober 2021 mendatang.

"Terkait adanya bangunan proyek yang tidak sesuai dengan spek, kami sudah mengundang penyedia jasa, konsultan pengawas dan tim direksi lain. Ini harus dibongkar dan diperbaiki sesuai spesifikasi. Ini masih ada waktu kurang lebih 1 bulan," tegasnya.

Arqom menambahkan, pihaknya tidak akan menerima jika nantinya penyedia jasa tidak memperbaiki kualitas talut tersebut. Namun, dari hasil koordinasi, pihak penyedia jasa mengaku sudah siap memperbaiki bangunan talut tersebut.

"Kalau nanti saat serah terima belum diperbaiki, tentu kami tidak akan menerima. Makanya dengan sisa waktu satu bulan ini harus benar-benar dimanfaatkan," tambahnya.

Sebelumnya diberitakan, video yang memperlihatkan momen inspeksi mendadak (sidak) bangunan talut di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah ambrol dipukul dengan tangan kosong viral. Komisi III DPRD Banjarnegara pun berencana untuk memanggil Dinas PUPR terkait temuan ini pada Jumat (24/9) lusa.

"Kami akan memanggil Dinas PUPR. Saya minta Dinas PUPR tidak main-main dengan kualitas proyek," Ketua Komisi III DPRD Banjarnegara Ryan Aditya Wahyu Pradana hari ini.

Tonton juga Video: Ada Fenomena Hujan Es di Banjarnegara, Ini Penjelasan BMKG

[Gambas:Video 20detik]




(ams/mbr)