Round-Up

Saat Ganjar Merespons Ancaman Sanksi Partai Terkait Kader Didukung Nyapres

Tin detikcom - detikNews
Selasa, 21 Sep 2021 10:01 WIB
Kampanye Terbuka Ganjar Pranowo di Semarang yang dihadiri Puan Maharani, Megawati, dan Tjahyo Kumolo. File/detikFoto.
(Foto: Istimewa/dok GP media Center)
Semarang -

Nama Ganjar Pranowo dikaitkan dengan pernyataan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto yang mengumumkan partainya akan memberi sanksi disiplin kepada kader yang menyebutkan atau disebut akan menjadi capres atau cawapres. Hal itu terkait dalam beberapa waktu terakhir nama Ganjar santer didukung relawan untuk maju di Pilpres 2024 sebagai 'the next president'.

"Sikap partai sangat jelas bahwa keputusan terkait dengan capres dan cawapres berdasarkan keputusan Kongres V dimandatkan kepada ketua umum partai," ucap Hasto saat dihubungi, Senin (20/9).

"Dalam hal ada anggota PDI Perjuangan yang menyebutkan terlebih dahulu calon presiden dan calon wakil presiden, termasuk melalui relawan, sebelum keputusan resmi partai, maka partai akan memberi sanksi disiplin," ucapnya.

Hasto beralasan keputusan itu didasarkan pada pertimbangan yang harus matang berkaitan dengan Pilpres 2024. Menurutnya, tanggung jawab sebagai presiden juga berat.

"Partai tidak mentolerir terhadap tindakan indisipliner, mengingat urusan presiden dan wakil presiden harus melalui pertimbangan yang benar-benar matang, terlebih dengan tanggung jawab presiden yang sangat berat untuk perbaikan nasib lebih dari 270 juta rakyat Indonesia," ujarnya.

Apakah pernyataan Hasto itu memberi sinyal peringatan kepada Ganjar Pranowo, Gubernur Jateng yang juga kader PDIP? Tidak ada pernyataan Hasto sedetail itu. Namun memang dalam beberapa pekan terakhir nama Ganjar semakin terkerek dalam peta dukungan Pilpres 2014 terkait banyaknya relawan di dalam dan luar negeri yang mendeklarasikan diri mendukungnya.

Lalu apa kata Ganjar sendiri terkait hal tersebut? Lagi-lagi jawaban Ganjar seperti biasa ketika ditanya wartawan terkait kans dan responsnya dengan banyaknya dukungan kepadanya untuk maju di Pipres 2024.

"Langkah saya tetap sama, urus COVID," kata Ganjar lewat pesan singkat kepada wartawan saat dimintai tanggapan terkait pernyataan Hasto tersebut, Senin (20/9).

Ganjar selalu menjawab hal serupa ketika ditanya soal isu Pilpres 2024, yaitu dia akan fokus mengurus penanganan COVID-19. Hal itu pula yang diungkapkan Ganjar Pranowo ketika ditanya langkah selanjutnya setelah PDIP menyebut akan memberi sanksi kepada kader yang dideklarasikan relawan menjadi Capres 2024.

Ganjar Pranowo juga menegaskan untuk urusan Pilpres, PDIP selalu tegak lurus arahan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan sesuai dengan keputusan Kongres PDIP.

"Soal Pilpres sesuai keputusan kongres PDIP menjadi kewenangan Ketum, Bu Mega," tegasnya.

Simak video 'JoMan Ikut Berlabuh, Berikut Peta Dukungan Ganjar Maju Pilpres 2024':

[Gambas:Video 20detik]



(alg/mbr)