Sukmawati-Titiek Soeharto Hadiri Peringatan 40 Hari Wafatnya Mangkunegara IX

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Senin, 20 Sep 2021 21:47 WIB
Pura Mangkunegaran menggelar peringatan 40 hari wafatnya KGPAA Mangkunegara IX, Senin (20/9/2021).
Pura Mangkunegaran menggelar peringatan 40 hari wafatnya KGPAA Mangkunegara IX, Senin (20/9/2021). (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo -

Pura Mangkunegaran menggelar peringatan 40 hari wafatnya KGPAA Mangkunegara IX. Selain kerabat, sejumlah tokoh hadir dalam acara malam hari ini, Senin (20/9/2021).

Tampak mantan istri mendiang Mangkunegara IX, Sukmawati Soekarnoputri hadir dan duduk di kursi deretan kedua. Tokoh lain yang hadir, antara lain Akbar Tandjung, Nina Akbar Tandjung, Titiek Soeharto hingga Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Jamal Wiwoho.

Empat orang putra Mangkunegara IX juga tampak hadir. Dua di antaranya ialah kandidat penerus takhta Pura Mangkunegaran, yakni GPH Paundrakarna Jiwa Suryanegara dan GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo.

Para tamu tampak sudah hadir di lokasi pada pukul 19.00 WIB. Mereka mengikuti tahlilan di Pringgitan dan bagian utara pendopo.

Sekitar pukul 20.00 WIB, acara usai dan dilanjutkan dengan menyantap hidangan yang disajikan. Setelah acara ditutup, para tamu mulai meninggalkan lokasi dan sebagian masih berfoto.

Kerabat Pura Mangkunegaran, KRMT Lilik Priharso Tirtodiningrat, mengatakan peringatan 40 hari merupakan bagian dari tradisi Jawa. Selain 40 hari, peringatan akan dilakukan hingga 1.000 hari.

"Ada peringatan 7 hari, 40 hari ini, nanti ada 100 hari, peringatan satu tahun, dua tahun atau pendak pisan, pendak pindo, 1.000 hari. Besok kita lanjutkan ziarah," kata Lilik usai acara.

Terkait suksesi kepemimpinan di Pura Mangkunegaran, Lilik masih enggan berbicara. Menurutnya, hal tersebut belum boleh dibicarakan sebelum peringatan 100 hari.

"Kalau suksesi memang pantang dibicarakan sebelum 100 hari. Ini kita fokus dulu menyelesaikan proses-proses ini," jelasnya.

Untuk diketahui, ada dua putra Mangkunegara IX yang mungkin menjadi penerus takhta. Mereka adalah Gusti Pangeran Haryo (GPH) Paundrakarna Jiwa Suryanegara dan GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo.

Paundra adalah putra tertua Mangkunegara IX sekaligus cucu dari proklamator kemerdekaan RI. Ibunya adalah Sukmawati Soekarnoputri. Namun Mangkunegara IX dan Sukmawati kemudian bercerai.

Sementara Bhre adalah putra bungsu Mangkunegara IX. Dia adalah satu-satunya anak laki-laki dari permaisuri.

(bai/rih)