Viral Api Muncul di Menara Masjid Baiturrahman Semarang, Ini Faktanya

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Senin, 20 Sep 2021 21:28 WIB
Menara Masjid Baiturrahman Semarang, Senin (20/9/2021).
Menara Masjid Baiturrahman Semarang, Senin (20/9/2021). Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
Semarang -

Muncul api di menara Masjid Baiturrahman Kota Semarang. Kejadian itu sempat viral di media sosial.

Informasi yang tersebar di media sosial dan pesan WhatsApp memperlihatkan video menara masjid yang berada di kawasan Simpang Lima Semarang itu terbakar di bagian atas.

Salah satu saksi yang merupakan penjaga parkir, Aceng, mengatakan peristiwa terjadi sekitar pukul 18.00 WIB. Ia melihat api sudah membesar di bagian jam digital yang berada di puncak menara Masjid Baiturrahman.

"Apinya langsung besar, saya tidak tahu bagaimana memadamkannya tapi cepat padam," kata Aceng di depan Masjid Baiturrahman, Senin (20/9/2021).

Terlihat petugas pemadam kebakaran dan kepolisian datang ke lokasi. Beberapa orang dimintai keterangan dan petugas pemadam juga memastikan api sudah padam.

Salah seorang petugas kepolisian mengatakan kebakaran terjadi di jam digital besar di menara dan bisa dipadamkan menggunakan alat pemadam api ringan (APAR).

"Jam digital yang terbakar. Sekitar 3 sampai 5 menit sudah padam menurut keterangan tadi," kata petugas itu.

Peristiwa tersebut tidak menimbulkan korban namun menarik perhatian karena terjadi di salah satu masjid yang menjadi ikon Kota Semarang di kawasan Simpang Lima. Saat ini kawasan Masjid Baiturrahman juga sedang dalam tahap renovasi.

(alg/rih)