Viral! Belasan Anjing Terbungkus Karung Diamankan dari Rumah Jagal di Bantul

Pradito Rida Pertana - detikNews
Senin, 20 Sep 2021 18:12 WIB
Penampakan anjing yang diamankan dari rumah jagal di Bantul
Penampakan anjing yang diamankan dari rumah jagal di Bantul (Foto: dok. RRDC Jogja)
Bantul -

Video komunitas penyayang binatang meminta tolong adanya penjagalan anjing di Kapanewon Pundong, Bantul viral di media sosial. Polisi pun menelusuri ke lokasi dan mengevakuasi anjing-anjing malang itu.

Berikut isi caption postingan Ron Ron Dog Care Jogja (RRDC) lewat akun Instagram @rrdcjogja:

Seorang teman kami memergoki tempat penjagalan anjing di dusun Srihardono RT 02, desa piring, kecamatan pundong, kabupaten bantul tolong siapapun yang mempunyi akses ke kepolisian atau satpol PP atau dinas peternakan atau pemerintah daerah membantu kami menolong mereka kami juga berusaha menghubungi pihak pihak terkait meski hari ini hari minggu, semoga bisa dibantu.

Terkait hal ini, Kapolsek Pundong AKP Yosephine Iswantari mengatakan awal mula diamankannya belasan anjing itu dari postingan medsos hari Minggu (19/9) kemarin. Polisi lalu mendatangi TKP untuk melakukan pengecekan.

"Terus setelah itu kita kan tahu dari medsos dan dari polsek ke sana, lidik dan ternyata betul. Jadi itu tempatnya di Pedukuhan Piring, Kalurahan Srihardono," kata Yosephine saat dihubungi detikcom, Senin (20/9/2021).

Dari penelusuran, lokasi tersebut memang menjadi tempat penjualan daging anjing yang dikelola oleh seorang pria berinisial BJ. Polisi bersama Ron Ron Dog Care Jogja mendatangi lokasi untuk mengamankan anjing-anjing yang saat itu kondisinya terbungkus karung.

"Yang jualan anjing itu namanya Pak Bejo. Dia jualan daging anjing. Setelah sampai sana ada 11 ekor remaja dan 7 ekor yang anjing masih anak-anak yang diamankan," ucapnya.

"Terus di sana datanglah Mas Victor di sana, Mas Victor ini pecinta anjing dan bagusnya dia memberi saran ke Pak Bejo agar tidak menjagal anjing-anjing lagi," lanjut Yosephine.

Namun, BJ menimpalinya dengan ingin mendengar solusi dari anggota RRDC Yogya tersebut. Akhirnya terjadi diskusi yang berujung dengan Bejo mau menyerahkan belasan ekor anjing yang hendak dijagalnya.

"Pak Bejo juga bagus menanggapinya dan meminta solusi, dan dikasih solusi mas Victor. Solusinya diganti Rp 25 ribu per kilogram dan pak Bejo janji akan berjualan hewan-hewan peliharaan, tidak akan jualan anjing tadi," ucapnya.

Dihubungi terpisah, anggota RRDC Yogya Victor Indrabuana mengatakan setelah mendapatkan video tersebut kemudian mendatangi lokasi. Sebelumnya dia meminta bantuan pihak kepolisian untuk melakukan mediasi dengan pemilik rumah jagal.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya...

Saksikan juga '3 Saksi Diperiksa di Sidang Kasus Penyelundupan Anjing untuk Konsumsi':

[Gambas:Video 20detik]