Terpopuler Sepekan

Kesaksian Nelayan-Penjelasan Pakar soal Laut Bercahaya di Selatan Yogya

Jauh Hari Wawan S - detikNews
Sabtu, 18 Sep 2021 10:06 WIB
Cahaya di air oleh aktivitas plankton
Laut bercahaya (Foto: Thinkstock/Getty Images/ABC Australia)
Yogyakarta -

Tim peneliti dari Amerika Serikat mengungkap fenomena laut bercahaya di laut selatan Jawa termasuk Yogyakarta beberapa waktu lalu. Berikut ini kesaksian nelayan dan penjelasan pakar.

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah I Kabupaten Gunungkidul, DIY, Sunu Handoko Bayu Sagara, mengungkap fenomena laut bercahaya pernah terjadi di Pantai Wediombo pada tahun 2014.

"Kalau itu (laut bercahaya) pernah sih dahulu, sudah beberapa tahun yang lalu sekitar tahun 2014 fenomena itu terjadi di (Pantai) Wediombo," kata Sunu saat dihubungi, Senin (13/9/2021).

Fenomena yang terjadi saat itu berwujud lingkaran dan bercahaya di laut. Bahkan, kejadian itu sempat berlangsung beberapa malam.

Kesaksian lain juga diungkapkan seorang nelayan di Kapanewon Tepus, Gunungkidul, Rujimanto. Ia mengaku pernah melihat fenomena laut bercahaya pada tahun 2005. Saat itu, dia hendak melaut bersama rekan-rekannya dari Pantai Ngandong, Tepus, Gunungkidul.

"Saya pernah melihat sinar di malam hari tapi hanya terlihat lebih terang saja. Dulu warnanya biru dan kuning, tapi tampak tidak lama hanya beberapa detik saja," kata Rujimanto saat dihubungi wartawan, Senin (13/9).

"Kejadian itu seingat saya kira-kira tahun 2005, sekitar jam 9 malam saat itu di laut, saya berangkat (melaut) dari Pantai Ngandong," lanjut Rujimanto.

Kemunculan laut bercahaya ini tak pelak sering dikaitkan dengan mitos warga pesisir. Namun, para ahli kelautan mengatakan hal ini tak ada kaitannya dengan Nyi Roro Kidul yang jadi urban legend masyarakat.

Guru Besar Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro (Undip) Prof Denny Nugroho Sugianto menyebut fenomena itu tidak ada hubungannya dengan hal mistis atau keberadaan Nyi Roro Kidul yang jadi urban legend masyarakat.

"Dulu banyak dihubungkan dengan misteri, mistis, monster laut, dan Nyi Roro Kidul. Ini fenomena alam yang biasa terjadi," kata Denny saat dihubungi, Senin (13/9).

Selengkapnya di halaman selanjutnya...