Round-Up

Kapal Pengayoman IV Kemenkumham Tenggelam di Cilacap Renggut 2 Korban Jiwa

Arbi Anugrah - detikNews
Sabtu, 18 Sep 2021 08:09 WIB
Tim Basarnas melakukan evakuasi penumpang Kapal Pengayoman IV di Cilacap
Tim Basarnas dan SAR gabungan melakukan evakuasi penumpang Kapal Pengayoman IV di Cilacap, Jumat (17/9/2021). (Foto: Dok Basarnas Cilacap)

Sementara itu polisi turun tangan memeriksa sejumlah saksi terkait peristiwa ini.

"Yang meninggal sudah diserahkan kepada keluarga. Kalau yang dirawat, hasil observasi tadi tidak ada yang terluka sekarang dilakukan pemeriksaan dan saksi-saksi," kata Kapolres Cilacap AKBP Leganek Mawardi saat dihubungi, Jumat (17/9).

Polisi juga masih menyelidiki kejadian ini, termasuk soal apakah para korban menggunakan pelampung atau tidak selama berada di kapal tersebut.

"Itu sedang kita lakukan penyelidikan, kita fokus penyelaman agar traffic ini lancar, untuk pemeriksaan lebih lanjut akan kita sampaikan nanti. Untuk pakai pelampung atau tidak saya belum periksa lagi, tapi pelampungnya ada," jelasnya.

Diwawancara terpisah, Kepala Lapas Batu yang juga Koordinator Lapas se-Nusakambangan, Jalu Yuswa Panjang, mengatakan bahwa seluruh korban telah dipulangkan dari rumah sakit. Pihaknya juga tengah mempersiapkan santunan untuk para korban kapal Pengayoman IV.

"Info terkini seluruh korban sudah pulang dari rumah sakit," kata Jalu, Jumat (17/9).

Setelah proses evakuasi, Basarnas menutup Operasi SAR gabungan Kapal Pengayoman IV yang tenggelam di Perairan Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, Jumat (17/9) sore. Operasi SAR ditutup setelah ketujuh korban berhasil ditemukan.

"Dengan ditemukannya seluruh korban dan telah disepakati bersama semua pihak secara resmi untuk operasi SAR dinyatakan ditutup dan semua unsur dikembalikan ke kesatuannya masing-masing," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Cilacap, I Nyoman Sidakarya, dalam pesan tertulisnya kepada wartawan, Jumat (17/9).

Nyoman menuturkan dua ABK yang tewas jenazahnya sudah diserahkan ke pihak keluarga.

"Sebelumnya upaya pencarian dan penyelaman sudah kita lakukan di sekitaran lokasi terbaliknya kapal tersebut untuk memastikan tidak adanya tanda-tanda korban jiwa," tambahnya.


(rih/rih)