Ditjen Pas Pastikan Kapal Pengayoman IV yang Tenggelam Tak Bawa Napi

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Jumat, 17 Sep 2021 13:05 WIB
Gedung Ditjen Pemasyarakatan (Ditjenpas) (dok FB Ditjen Pas)
Gedung Ditjen Pemasyarakatan (Foto: dok. FB Ditjen Pas)
Jakarta -

Kapal penyeberangan Pengayoman IV tenggelam saat menyeberang ke Pulau Nusakambangan, Jawa Tengah, pagi tadi dan menyebabkan dua orang meninggal. Direktorat Jenderal (Ditjen) Permasyarakatan (Pas) memastikan kapal tersebut tidak membawa narapidana.

"Tidak benar (ada napi), tidak ada narapidana di dalamnya," kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Ditjen Pemasyarakatan Rika Apriyanti saat dimintai konfirmasi, Jumat (17/9/2021).

Sementara itu, Kabag Humas Kemenkumham Tubagus Erif Faturahman menyebut kapal itu membawa dua truk proyek dan beberapa petugas. Kapal itu berangkat dari Dermaga Wijayapura menuju Dermaga Sodong.

"Pada hari Jumat, 17 September 2021, pukul 09.00 WIB, kapal Pengayoman IV berangkat dari Dermaga Wijayapura menuju Dermaga Sodong mengangkut dua truk proyek dan beberapa petugas," jelas Tubagus Erif Faturahman.

Erif mengungkapkan penyebab kapal tenggelam itu adalah angin kencang saat kapal berada di pertengahan jalan. Kapal itu pun tenggelam dan terbawa arus ke tengah selat.

"Ketika berada di tengah perjalanan, kapal mulai terlihat oleng karena angin kencang dan ombak yang besar dan kuat. Kapal Pengayoman tenggelam dan terbawa arus menuju ke tengah selat," ujar Erif.

Akibatnya, ada dua orang yang meninggal, yakni petugas lapas dan pekerja proyek. Sedangkan empat lainnya dinyatakan selamat.

Lebih lanjut Erif mengatakan, saat diketahui kapal tersebut tenggelam, Sesditjen Pas langsung menuju ke Nusakambangan untuk memonitor dan berkoordinasi dengan Kakanwil Jateng. Setelah itu, selanjutnya melakukan evakuasi dan dinyatakan empat orang selamat dari enam orang yang ada di kapal tersebut.

"Dari hasil evakuasi sementara, enam orang dievakuasi, empat orang selamat," pungkas Erif.

Tonton video 'Kapal Tenggelam di Perairan Nusakambangan, 2 Orang Tewas':

[Gambas:Video 20detik]



(zap/zap)