Fenomena Laut Selatan Yogya Bercahaya, Pakar UGM Ungkap Penjelasan Ilmiahnya

Jauh Hari Wawan S - detikNews
Senin, 13 Sep 2021 15:26 WIB
Cahaya di air oleh aktivitas plankton
Pantai dan laut bercahaya (Foto: Thinkstock/Getty Images/ABC Australia)
Yogyakarta -

Tim peneliti dari Amerika Serikat mengungkap fenomena laut bercahaya di pantai selatan Jawa, termasuk Yogyakarta. Munculnya cahaya itu bukan disebabkan kehadiran Nyi Roro Kidul yang merupakan urban legend bagi masyarakat pesisir Yogyakarta, namun fenomena ini ada penjelasan ilmiahnya.

"Bukan (karena Nyi Roro Kidul) itu fenomena biasa, ada penjelasan ilmiahnya," kata Sekretaris Pusat Studi Sumber Daya dan Teknologi Kelautan UGM Bachtiar Mutaqin saat dihubungi wartawan, Senin (13/9/2021).

Ia mengatakan ada beberapa kemungkinan di balik fenomena laut bercahaya ini. Pada bulan-bulan ini, kata Bachtiar, masuk musim timur yang anginnya berembus dari Australia.

"Kemudian kalau musim timur itu di selatan Jawa ada fenomena upwelling jadi naiknya massa air laut dari dasar ke permukaan. Jadi fenomena itu selain membawa banyak nutrien juga banyak ikan. Kemungkinan (laut bercahaya) itu ketika upwelling itu membawa serta fitoplankton ke permukaan laut, jadi ketika dilihat dari cotra satelit semacam bercahaya," jelasnya.

Menurutnya, perairan di selatan Pulau Jawa sering terjadi fenomena upwelling. Lokasi ini biasanya dimanfaatkan nelayan untuk menangkap ikan.

"Itu tergantung lokasinya (upwelling). Tergantung suhunya seperti apa, salinitasnya seperti apa dan lain sebagainya. Dari parameter itu bisa diketahui upwelling," katanya.

"Kalau di selatan Jawa memang ada beberapa lokasi upwelling, khususnya musim timur itu banyak sekali lokasi-lokasi penangkapan ikan itu ada di selatan Jawa," tambahnya.

Fenomena upwelling ini, kata Bachtiar, merupakan fenomena yang normal di perairan Indonesia. Namun, ia menegaskan walaupun ada fenomena upwelling, belum tentu muncul fenomena laut bercahaya.

"Tapi belum tentu ketika ada fenomena upwelling ini lautnya bercahaya, tergantung seberapa banyak fitoplanktonnya," urainya.

"Tapi tidak selalu ada fenomena upwelling kemudian lautnya bercahaya, itu tidak selalu. Mungkin ketika fenomena kemarin itu agak cukup kuat jadi membawa material fitoplanktonnya cukup banyak," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, tim peneliti dari Amerika Serikat mengungkap fenomena laut bercahaya di pantai selatan Jawa.

Tim peneliti dari Sekolah Teknik Walter Scott Jr, Universitas Negeri Colorado, mengungkap fenomena aneh yakni laut yang bercahaya dalam gelap (milky sea) yang terjadi di laut selatan Jawa alias Samudera Hindia.

Lihat juga video 'Asal-usul Fenomena Blue Moon yang Terjadi pada Hari Ini':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya, warga di pantai selatan Yogyakarta memiliki pengalaman langsung mengenai fenomena laut bercahaya...