Bupati Banjarnegara Ditahan KPK, Warga Lunasi Nazar Cukur Gundul

Uje Hartono - detikNews
Sabtu, 04 Sep 2021 17:58 WIB
Warga Banjarnegara cukur gundul syukuran bupati ditahan
Warga Banjarnegara cukur gundul syukuran bupati ditahan. (Foto: Uje Hartono/detikcom)
Banjarnegara -

Beragam ekspresi ditunjukkan warga di Banjarnegara pasca ditetapkannya Bupati Budhi Sarwono sebagai tersangka oleh KPK. Salah satunya anggota Forum Banjarnegara Bersatu (FBB) dengan cukur rambutnya hingga plontos.

Ada dua orang yang mencukur rambutnya hingga plontos. Yakni Agus Mulyanto (69) dan Nanang (40). Ia mengaku bernazar mencukur rambutnya hingga plontos jika KPK menetapkan Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono sebagai tersangka.

"Saya memang sudah memiliki nazar cukur gundul. Dengan cukur gundul itu maknanya semua kezaliman dan kearogansian bersih seperti rambut saya bersih," ujarnya usai cukur gundul di rumah salah seorang warga di Desa Pucang, Kecamatan Bawang, Banjarnegara, Sabtu (4/9/2021).

Tidak hanya itu, pria yang akrab disapa Yanto Togog ini mengaku puas setelah KPK menahan dan menetapkan Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono sebagai tersangka pada Jumat (3/9) malam.

"Rasanya puas sekali dengan perjuangan kami yang bertahun-tahun Alhamdulillah tadi malam Allah mengijabah (mengabulkan) semua perjuangan kami semua ini," lanjutnya.

Warga Banjarnegara cukur gundul syukuran bupati ditahanWarga Banjarnegara syukuran bupati ditahan (Foto: Uje Hartono/detikcom)

Selain cukur rambut, syukuran yang dilakukan FBB dan Forum Jasa Konstruksi (Forjasi) ini juga dilakukan pemotongan tumpeng. Pembina FBB Setiawan Budhiarto mengatakan syukuran dilakukan setelah ditetapkannya Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono sebagai tersangka oleh KPK.

"Alhamdulliah hari ini kita syukuran, ini mencatatkan sejarah di Banjarnegara akan tercatat nanti," kata dia.

Dia menambahkan, penetapan Budhi Sarwono sebagai tersangka oleh KPK harus diapresiasi. Pihaknya berharap ke depan akan menemukan pemimpin Banjarnegara yang mampu mendatangkan investor.

"Kami apresiasi langkah cepat KPK yang sudah melakukan penahanan selama 20 hari kedepan. Dengan itu semua kami bersyukur. Setelah itu kami berharap ke depan untuk Banjarnegara akan menemukan pemimpin yang luar biasa yang tidak hanya engkel-engkelan (debat kusir) masalah APBD namun bisa mendatangkan investor dan sebagainya," ujarnya.

(mbr/mbr)