Ramai Video Hina Gus Dur 'Picek', Ini Sederet Kontroversi Bupati Banjarnegara

Uje Hartono - detikNews
Sabtu, 28 Agu 2021 19:55 WIB
Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono.
Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono. (Foto: Uje Hartono/detikcom)
Banjarnegara -

Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono kembali bikin heboh setelah video lamanya menyebut Gus Dur 'picek' ramai di media sosial. Menengok ke belakang, Budhi tak hanya sekali dua kali bikin heboh. Berikut rentetan kontroversi Budhi Sarwono saat menjabat menjadi Bupati Banjarnegara.

Pada Desember 2018, nama Budhi Sarwono menjadi sorotan saat mundur dari Ketua Askab PSSI Banjarnegara. Saat itu, ia menyebut tim sepakbola Banjarnegara, Persibara, yang bermain di Liga 3 provinsi, kerap dipalak Asprov PSSI Jateng. Persibara diminta untuk mengirim sejumlah uang kepada Asprov PSSI Jawa Tengah. Nominalnya Rp 100 juta per laga.

"Main kalau mau menang harus bayar. Kalau mau menang bayar Rp 100 juta. Bukti transfernya ada semua. Bahkan semakin ke sini jumlahnya terus bertambah," kata Budhi di rumah dinasnya, Senin (10/12/2018).

Budhi menunjukkan bukti transfer dan rincian daftar pembayaran laga terakhir Persibara saat melawan Persikab Kediri. Kasus ini menyeret mantan Komisi Disiplin PSSI, mantan ketua Asprov Jateng hingga wasit sepakbola ke penjara.

Budhi kembali menjadi sorotan setelah akun resmi Kabupaten Banjarnegara di media sosial Instagram memuat slip gaji Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono sebesar Rp 5.961.200. Berdasarkan slip gaji tersebut, gaji bersih sesuai draf gaji sebesar Rp 6.114.100, namun dipotong zakat lewat BAZ sebesar Rp 152.900.

Saat dimintai konfirmasi, Kasi Pengelolaan Informasi Dinas Kominfo Banjarnegara Khadir membenarkan posting-an tersebut. Akun 'kabupatenbanjarnegara' di media sosial Instagram merupakan akun resmi Pemerintah Kabupaten Banjarnegara.

"Benar, itu akun resmi dan kami yang mengunggah slip gaji bupati bulan Oktober 2019," ujar Khadir saat ditemui detikcom, Kamis (3/10/2019).

Budhi ini kembali mencuri perhatian pada tahun berikutnya dengan turun tangan langsung memperbaiki jalan di jalur wisata Banjarnegara-Dieng. Jalan ini rusak dan sering menimbulkan kecelakaan. Padahal jalan itu adalah jalan provinsi yang menjadi tanggung jawab Pemprov Jateng.

"Kondisi jalan aspalnya sudah memprihatinkan dan berlubang. Diameternya ada yang 2x2 meter ada yang 3x1 meter. Ini membahayakan masyarakat karena pernah terjadi kecelakaan lalu-lintas hingga patah kaki dan tangan," ujar Budhi, Minggu (6/12/2020).

Simak selengkapnya di halaman berikutnya...



Simak Video "Beredar Video Bupati Banjarnegara Hina Gus Dur, Begini Kejadiannya"
[Gambas:Video 20detik]