Catat! Truk Tronton-Kontainer Dilarang Lewat Jalan Ajibarang Banyumas

Arbi Anugrah - detikNews
Jumat, 27 Agu 2021 21:21 WIB
Kemacetan lalu lintas di Jalan Ajibarang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu.
Kemacetan lalu lintas di Jalan Ajibarang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu. (Foto: Arbi Anugrah/detikcom)

Dari alasan tersebut kemudian Kemenhub dan Korlantas Polri akhirnya membentuk tim terpadu untuk melakukan penegakan hukum. Namun upaya penegakan hukum yang telah berjalan seminggu ini malah menimbulkan pro dan kontra di masyarakat.

"Berdasarkan evaluasi ternyata muncul satu kekuatan lain, pro dan kontra. Kalau tadi kita didesak untuk melaksanakan penegakan hukum di Ajibarang karena dianggap kita lalai sehingga di sana (Flyover Kretek) terjadi kecelakaan. Tapi ketika melakukan tindakan pengawasan, justru sekarang muncul satu kekuatan lagi yang protes dari masyarakat peduli kemacetan. Jadi di sini kita berada dalam dua situasi yang sulit," ungkapnya.

Setelah dilakukan evaluasi, ada beberapa poin kesepakatan, salah satunya kesepakatan adanya penyekatan di persimpangan jalan depan SPBU Ajibarang. Lalu kesepakatan terkait rencana pembatasan armada dan pengalihan arus. Namun kedua kesepakatan tersebut mengandung konsekuensi.

"Kalau dibatasi tonasenya, mereka harus menyesuaikan armada, sehingga perlu biaya. Kalau diarahkan ke arah Yogya, maka akan ada penambahan waktu tempuh dan biaya. Konsekuensi ini jadi pemikiran bersama," ujarnya.


(rih/mbr)