Apresiasi Penangkapan Muhammad Kece, Ketum Muhammadiyah Beri Imbauan Ini

Jauh Hari Wawan S. - detikNews
Rabu, 25 Agu 2021 16:19 WIB
Ketum PP Muhammadiyah Haedar Nashir, Sleman, Rabu (25/8/2021).
Ketum PP Muhammadiyah Haedar Nashir, Sleman, Rabu (25/8/2021). (Foto: Jauh Hari Wawan S/detikcom)
Sleman -

Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir mengapresiasi langkah Polri yang menangkap YouTuber Muhammad Kece. Haedar Nashir juga mengimbau masyarakat tetap tenang.

"Itu sudah ditangani pihak kepolisian. Kami ucapkan terima kasih pada Kabareskrim dan Kepolisian untuk menangani kasus ini," kata Haedar ditemui wartawan di sela acara vaksinasi di Universitas Aisyiah (Unisa), Sleman, Rabu (25/8/2021).

Haedar meminta masyarakat agar tetap tenang dalam menyikapi persoalan ini. Apalagi kasus ini telah ditangani secara hukum.

"Poin juga masyarakat untuk tetap tenang, wajar, dan jangan mengeneralisasi jadi hubungan yang membawa ke aspek primordial," jelasnya.

"Biarlah ini kasus-kasus orang per orang yang sudah ditangani secara hukum," lanjut Haedar.

Menurut Haedar, fenomena banyaknya penistaan agama ini tak terlepas dari perkembangan media sosial yang mendukung kebebasan berekspresi seseorang. Haedar meminta dalam mengungkapkan kebebasan ekspresi di media sosial harus dipandu nilai-nilai dan perilaku ke-Indonesiaan yang moderat.

"Kayaknya perkembangan media sosial kemudian kan kecenderungan orang pada kebebasan berekspresi. Tetapi kita sebagai bangsa kan kita punya Pancasila, punya kebudayaan, dan punya agama," ungkapnya.

"Maka kebebasan ekspresi dan termasuk media sosial itu harus kita pandu dengan nilai-nilai dan perilaku keindonesiaan yang moderat," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Bareskrim Polri menangkap YouTuber Muhammad Kece atas dugaan penistaan agama. Muhammad Kece ditangkap di Bali dan langsung dibawa ke kantor Bareskrim Mabes Polri.

Simak video 'Momen Penangkapan Muhammad Kece di Bali':

[Gambas:Video 20detik]



(sip/rih)