Mal di Solo Mulai Buka Besok, Begini Ketentuannya

ADVERTISEMENT

Mal di Solo Mulai Buka Besok, Begini Ketentuannya

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Selasa, 24 Agu 2021 18:44 WIB
Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.
Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. Foto: Ari Purnomo/detikcom
Solo -

Setelah hampir dua bulan ditutup karena Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), mal di Solo boleh buka kembali mulai besok. Namun pembukaan masih dalam tahap uji coba dengan pembatasan pengunjung sebanyak 50 persen dari kapasitas.

Pembukaan mal pada Rabu (25/8) itu, diatur dalam Surat Edaran (SE) Wali Kota Solo Nomor 067/2613 yang diteken hari ini. Aturan tertuang dalam poin Pelaksanaan nomor 6j. Berikut isinya:

Pelaksanaan uji coba implementasi protokol kesehatan pada pusat perbelanjaan/mal/pusat perdagangan dengan ketentuan :

1) Diizinkan beroperasi 50% (lima puluh persen) dari pukul 10.00 WIB sampai dengan pukul 20.00 WIB dengan protokol kesehatan yang diatur oleh Kementerian Perdagangan;

2) Wajib menggunakan aplikasi Peduli Lindungi untuk melakukan skrining terhadap semua pengunjung dan pegawai pusat perbelanjaan/ mal/ pusat perdagangan terkait;

3) Restoran / rumah makan dan kafe yang berlokasi pada pusat perbelanjaan/mal hanya menerima delivery/ take away dan tidak menerima makan di tempat (dine - in);

4) Penduduk dengan usia di bawah 12 (dua belas) tahun dan di atas 70 (tujuh puluh) tahun dilarang memasuki pusat perbelanjaan/ mal/ pusat perdagangan;

5) Bioskop, tempat bermain anak-anak, dan tempat hiburan dalam pusat perbelanjaan/ mal/ pusat perdagangan ditutup; dan

6) Pelaksanaan uji coba wajib mendapatkan persetujuan Satuan Tugas Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) Kota Surakarta.

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, menegaskan mal sudah bisa beroperasi besok jika sudah siap. Menurutnya, Satgas COVID-19 juga sudah menerima permohonan izin dari pengelola mal.

"Besok bisa kalau udah siap semua. Solo Paragon sudah izin, semua (mal sudah izin)," kata Gibran di Balai Kota Solo, Selasa (24/8/2021).

Dia pun berharap mal bisa segera beroperasi. Dia ingin roda perekonomian bisa kembali bergulir sehingga bisa segera pulih.

"Ya sesegera mungkin biar roda ekonomi segera berputar lagi. Mal itu pegawainya banyak sekali," ungkapnya.

Terkait situasi COVID-19 di Solo, Gibran mengatakan saat ini kondisi Solo sudah membaik meskipun masih di level 4. Meski demikian, dia mengaku tetap akan mengikuti aturan sesuai Instruksi Mendagri.

"Yang menentukan zona hijau, kuning, merah itu bukan saya. Saya di sini hanya menjalankan perintah dari pusat saja. Tapi kalau lihat perkembangan hariannya, day to day report-nya ya kita itu sudah sangat baik sekali. Ya mohon maaf, sebenarnya kurang fair kalau Solo disebut level 4. Mohon maaf," tutupnya.

(rih/ams)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT