Temukan Lagi Sekolah di Solo Nekat PTM, Gibran Langsung Gelar Tes Swab

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Selasa, 24 Agu 2021 13:15 WIB
Test swab mendadak di SMP Al-Irsyad Solo, 24/8/2021
Tes swab mendadak di SMP Al-Irsyad Solo. (Foto: dok Polsek Pasar Kliwon)
Solo -

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, kembali menemukan sekolah yang nekat melakukan pembelajaran tatap muka (PTM) atau sekolah tatap muka di masa PPKM Level 4. Kali ini Gibran langsung melakukan inspeksi mendadak ke SMP Al-Irsyad Solo.

Dari video yang diperoleh detikcom, Gibran terlihat berada di SMP Al-Irsyad ditemani Kapolsek Pasar Kliwon AKP Achmad Riedwan Prevoost. Setelah beberapa menit, Gibran langsung meninggalkan lokasi.

"Semua siswa dan guru saya minta di-swab semua sebelum pulang," kata Gibran saat berbincang dengan Kapolsek di video tersebut.

Kemudian tim Dinas Kesehatan Kota Solo pun tiba di lokasi untuk menggelar tes swab. Ada sebanyak 50 siswa yang hadir di sekolah saat itu.

Kepala Dinas Pendidikan Solo, Etty Retnowati yang juga mendatangi lokasi membenarkan adanya kegiatan tatap muka di sekolah tersebut. Menurutnya, kegiatan itu tanpa ada izin dari Pemkot Solo.

"Ini tadi sudah saya konfirmasi, katanya hanya 50 siswa, hanya untuk mengecek hafalan Alquran. Memang tanpa koordinasi dengan pemkot, sudah kami teguran," ujar Etty di SMP Al-Irsyad Solo, Selasa (24/8/2021).

Pantauan detikcom di SMP Al-Irsyad, tim Dinas Kesehatan Kota Solo kemudian tiba di lokasi untuk menggelar tes swab. Ada sebanyak 50 siswa yang hadir di sekolah.

Ditambah 29 guru dan karyawan, total ada 79 orang yang mengikuti tes swab. Hasilnya disebutkan seluruh siswa, guru dan karyawan negatif COVID-19.

Lihat juga Video: Percepatan Vaksinasi Covid-19 Buruh Pabrik di Solo Raya

[Gambas:Video 20detik]



(mbr/sip)