Singgung Pesta di Kendal, Ganjar Ungkap Gejala Euforia Turun Level PPKM

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Selasa, 24 Agu 2021 12:18 WIB
Ganjar Pranowo
Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo. (Foto: Andika Tarmy/detikcom)
Semarang -

Penerapan PPKM di sejumlah daerah di Jawa Tengah mulai turun level. Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, mengungkap ada gejala euforia padahal belum semua daerah kondisinya membaik.

"Memang ada gejala euforia karena penurunan level. Maka saya ingatkan ke bupati/wali kota, jajaran Forkompimda dan semua pemangku kepentingan. Jangan euforia dulu, kita memang membaik tapi belum baik semuanya," kata Ganjar dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Selasa (24/8/2021).

Ia menegaskan penurunan level tetap harus diikuti dengan penerapan aturan PPKM yang ketat. Dalam kesempatan ini Ganjar menyinggung adanya perayaan pesta di Kendal.

"Kemarin ada kasus, di Kendal tiba-tiba ada perayaan pesta. Nggak bisa seperti itu, harus ditindak. Tolong masyarakat kalau mau ada acara ramai-ramai, izin dulu agar bisa dipantau," jelasnya.

Ia juga berpesan agar bupati/wali kota tidak gegabah dalam membuka tempat tempat umum seperti wisata dan menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) atau sekolah tatap muka. Setiap keputusan tersebut, lanjut Ganjar, harus melalui uji coba terlebih dahulu.

"Nanti dulu, uji coba saja dulu. Kita izinkan kok pariwisata dibuka, tapi satu saja dan uji coba. Termasuk sekolah, nanti dulu, uji coba dulu. Maka kemarin di Solo ada sekolah yang nekat buka, kita peringatkan dan mau bekerja sama," jelasnya.

Untuk diketahui, dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 35 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4, Level 3, Level 2 Corona Virus Disease 2019 di wilayah Jawa dan Bali, tercatat ada 15 daerah di Jateng yang masuk level 4. Kemudian 18 daerah masuk level 3, dan ada 2 daerah masuk level 2, berikut daftarnya:

Level 4
1. Kabupaten Boyolali
2. Kabupaten Purbalingga
3. Kabupaten Wonogiri
4. Kabupaten Sukoharjo
5. Kabupaten Klaten
6. Kabupaten Kebumen
7. Kabupaten Banyumas
8. Kota Tegal
9. Kota Surakarta
10. Kota Salatiga
11. Kota Magelang
12. Kabupaten Sragen
13. Kabupaten Purworejo
14. Kabupaten Cilacap
15. Kabupaten Karanganyar

Level 3
1. Kabupaten Wonosobo
2. Kabupaten Pekalongan
3. Kabupaten Magelang
4. Kabupaten Brebes
5. Kabupaten Pemalang
6. Kabupaten Grobogan
7. Kabupaten Tegal
8. Kabupaten Pati
9. Kabupaten Banjarnegara
10. Kabupaten Batang
11. Kabupaten Rembang
12. Kabupaten Semarang
13. Kabupaten Kendal
14. Kabupaten Demak
15. Kota Semarang
16. Kota Pekalongan
17. Kabupaten Blora
18. Kabupaten Temanggung

Level 2
1. Kabupaten Kudus
2. Kabupaten Jepara

(sip/ams)