3 Jalan di Bantul Disekat Cegah Keramaian Pantai Parangtritis Malam 15 Muharam

Pradito Rida Pertana - detikNews
Senin, 23 Agu 2021 15:23 WIB
Meski masa PPKM belum usai dan objek wisata belum dibuka, namun warga sudah kangen piknik. Mereka berbondong-bondon datangi pantai Parangtritis.
Pantai Parangtritis (Foto: Gatot Jatmiko/detikcom)
Bantul -

Polisi melakukan penyekatan di 3 titik jalan menuju Pantai Parangtritis di Bantul, DIY. Hal itu untuk mencegah masyarakat datang ke kawasan Parangtritis nanti malam dalam rangka tradisi malam 15 Muharam (Suro).

Kapolres Bantul AKBP Ihsan mengatakan, bahwa penyekatan ini sebagai upaya mencegah terjadinya kerumunan di kawasan Pantai Parangtritis. Terlebih saat ini masih berstatus PPKM Level 4 yang mewajibkan tempat wisata tutup sementara.

"Ketiga titik penyekatan di sepanjang Jalan Parangtritis itu meliputi Pusat Kuliner Pasar Ngangkruksari, pertigaan setelah jembatan Kretek dan TPR Parangtritis," katanya saat ditemui di Mapolres Bantul, Senin (23/8/2021).

Penutupan itu dilakukan sejak hari ini hingga besok, Selasa (24/8) pagi. Semua itu untuk menekan mobilitas masyarakat untuk datang ke kawasan Parangtritis.

"Untuk penutupan dimulai malam ini sampai besok pagi. Ini kami lakukan untuk mencegah agar tidak ada kerumunan di Pantai Parangtritis," ucapnya.

"Karena dari pengalaman saat malam 1 Muharam (suro), banyak pengunjung baik dari DIY maupun Jawa Tengah yang hendak melakukan ritual di Pantai Parangtritis," imbuh Ihsan.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Kabupaten Bantul, Yulius Suharta, mengatakan selama ini dari tim Gakkum tetap menjadikan wilayah objek wisata sebagai pantauan penerapan prokes. Namun demikian untuk pantauan rutin diharapkan dari masing-masing pengelola wisata berperan secara aktif.

"Penyekatan dilakukan di saat momentum-momentum tertentu, semisal Pantai Parangtritis saat 1 Suro. Penyekatan dilakukan bersama dengan jajaran Polres Bantul dan OPD terkait," ucapnya.

(mbr/sip)