Round-Up

Saat Permaisuri MN IX dan 2 Pewaris Tahta Bicara Suksesi Mangkunegaran

Andika Tarmy - detikNews
Senin, 16 Agu 2021 07:32 WIB
GPH Paundrakarna Jiwa Suryanegara dan GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo hadiri pemakaman KGPAA Mangkunegara IX. Keduanya pun sempat foto bersama di pusara sang ayah.
GPH Paundrakarna dan GPH Bhre Cakrahutomo di pusara MN IX. (Foto: Andika Tarmy/Detikcom)
Solo -

Mangkatnya KGPAA Mangkunegara (MN) IX, menyisakan pertanyaan terkait pemegang tampuk kepemimpinan di Pura Mangkunegaran. Dua putra Mangkunegara IX, GPH Paundrakarna Jiwa Suryanegara dan GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo angkat bicara terkait suksesi ini.

Untuk diketahui, Mangkunegara IX pernah menikah dua kali. Pertama dengan putri ketiga Bung Karno yakni Sukmawati Soekarnoputri, dan terakhir dengan Prisca Marina yang kini menjadi permaisuri.

Dari pernikahan pertama dengan Sukmawati lahir GPH Paundrakarna Jiwa Suryanegara dan GRA Putri Agung Suniwati (Menur). Kemudian dari pernikahan kedua dengan Marina lahirlah GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo dan GRA Ancilla Sura Sudjiwo.

"Siapapun yang jumeneng (bertahta), kita berharap yang terbaik untuk Pura Mangkunegaran. Kita meneruskan konsep dan tradisi budaya dan kelangsungan hidup Pura Mangkunegaran khususnya kesejahteraan para abdi dan kerabat dan semua," ujar Paundra, saat ditemui detikcom usai prosesi pemakaman KGPAA Mangkunegara IX di Astana Girilayu, Karanganyar, Minggu (15/8).

Paundra mengaku belum mengetahui siapa yang bakal menggantikan ayahandanya. Menurutnya, hal itu akan diputuskan melalui rapat keluarga besar. "Siapapun itu nanti dirapatkan, ada rapat akbar kan keluarga besar," jelas dia.

Paundra belum mengetahui kapan rapat ini digelar. Pihak Pura Mangkunegaran saat ini masih fokus seputar pemakaman mendiang Mangkunegara IX.

"Kalau yang saya tahu dari pengalaman, ini ibaratnya biar hari tenang dulu. Biar semuanya baik adanya, nggak kagetan gitu kan. Semua itu butuh proses, bapak saya untuk bisa jadi raja yang baik itu sesuai program konsepnya juga butuh proses, itu kan seperti menjabat saja," ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo. Bhre mengaku masih fokus dengan pemakaman ayahnya.

"Kalau itu mungkin porsinya bukan di kami ya. Itu bukan sesuatu yang kami bisa bicarakan sejujurnya, dan saya nggak bisa bicara banyak," ujar Bhre saat diwawancara terpisah.

"Saya juga kurang paham untuk itu, ya tentunya belum ada pembahasan, karena kita beberapa hari sebelum ini dan beberapa waktu setelah ini, fokus kami tetap di Romo, dan tentu kami hanya fokus yang terbaik untuk Romo," imbuhnya.

Lihat juga video 'Mangkunegara IX Dimakamkan di Sebelah Pusara MN VIII':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya: apa kata Permaisuri MN IX tentang suksesi?