Kenangan Paundra soal Wejangan KGPAA Mangkunegara IX Buat Dirinya

Andika Tarmy - detikNews
Minggu, 15 Agu 2021 16:54 WIB
Putra sulung KGPAA Mangkunegara IX GBH Paundrakarna Sukma Putra di depan pusara sang ayah.
Putra sulung KGPAA Mangkunegara IX GBH Paundrakarna saat berdoa di depan pusara sang ayah. (Foto: Andika Tarmy/detikcom)
Karanganyar -

Putra sulung KGPAA Mangkunegara IX, GPH Paundrakarna Jiwa Suryanegara, mengenang ayahnya sebagai sosok yang baik dan humoris. Paundra pun mengaku teringat wejangan sang ayah soal pernikahan.

"Ayah yang baik ya, cuma setahunan ini hubungan kami berjarak, karena saya lagi fokus di batik dan mau kasih surprise dengan kreasi-kreasi saya. Tapi ya suratan takdir ya sudah," ujar Paundra saat ditemui detikcom usai prosesi pemakaman Mangkunegara IX, di Astana Girilayu, Minggu (15/8/2021).

Paundra menyebut, saat dirinya berhasil menyelesaikan kreasi batiknya, justru berbarengan dengan momen wafatnya ayahanda.

"Saya presentasi batik kreasi saya tadi malam. Tapi kembali lagi, kenangan saya dulu kecil sampai dewasa, pokoknya beliau itu humoris," kata dia.

Paundra mengingat ada satu pesan yang disampaikan Mangkunegara IX kepadanya. Pesan tersebut berkaitan dengan jodoh Paundra.

"Saya ingat satu. Beliau berpesan, 'Ndra, kalau kamu mau nikah kamu jangan asal nikah, lihat pengalaman. Kamu kalau nikah itu hidupin anak orang, aja main-main lho kowe'," ujar Paundra menirukan pesan sang ayah.

Pesan Mangkunegara IX itu, lanjutnya, menjadi salah satu pesan yang terus diingat oleh Paundra. Selain itu, Paundra juga melihat spirit petualang dari ayahandanya yang ingin dirinya terus korbarkan.

"Yang jelas kalau dari romo itu, jiwa petualangnya sih mas," tutupnya.

Sebelumnya diberitakan, KGPAA Mangkunegara IX wafat pada Jumat (13/8), pukul 02.50 WIB di Jakarta. Pemilik nama kecil Sudjiwo Kusumo itu wafat di usia 70 karena sakit.

Untuk diketahui, Mangkunegara IX pernah menikah dua kali. Pertama dengan putri ketiga Bung Karno yakni Sukmawati Soekarnoputri, dan terakhir dengan Prisca Marina yang kini menjadi permaisuri.

Dari pernikahan pertama dengan Sukmawati lahir GPH Paundrakarna Jiwa Suryanegara dan GRA Putri Agung Suniwati (Menur). Kemudian dari pernikahan kedua dengan Marina lahirlah dua anak yakni GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo dan GRA Ancilla Sura Sudjiwo.

Lihat Video: Pelayat Mangkunegara IX Datang Dari Jauh

[Gambas:Video 20detik]




(ams/ams)