Tangis Paundra di Pusara KGPAA Mangkunegara IX

Andika Tarmy - detikNews
Minggu, 15 Agu 2021 12:59 WIB
Putra sulung KGPAA Mangkunegara IX  GBH Paundrakarna Sukma Putra di depan pusara sang ayah.
Putra sulung KGPAA Mangkunegara IX GBH Paundrakarna (Foto: Andika Tarmy/detikcom)
Karanganyar -

Putra sulung KGPAA Mangkunegara IX, GBH Paundrakarna Jiwa Suryanegara tampak bersedih melepas pemakaman sang ayah di Astana Girilayu, Karanganyar. Paundra tampak beberapa kali melepas maskernya untuk mengusap air mata.

Pantauan di Astana Giri Layu, Karanganyar, Minggu (15/8/2021), Paundra yang duduk bersimpuh di depan pusara ayahnya tampak beberapa kali mengusapkan tisu ke matanya. Tak hanya itu, dia juga terlihat beberapa kali melepaskan maskernya untuk menyeka air matanya.

Paundra juga tampak didampingi saudarinya GRA Putri Agung Suniwati (Menur) selama di area pemakaman. Raut kesedihan juga terpancar dari wajah Gusti Kanjeng Mangkunegara IX Prisca Marina Haryogi Supardi dan putra-putrinya, GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo dan GRA Ancilla Sura Sudjiwo.

Sejumlah mawar putih juga sempat diberikan oleh Gusti Kanjeng Mangkunegara IX Prisca Marina Haryogi Supardi dan putra-putrinya, GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo dan GRA Ancilla Sura Sudjiwo di atas pusara Mangkunegara IX. Bunga mawar putih itu diletakkan secara bergantian dimulai oleh Gusti Prisca, Gusti Sura, dan Gusti Bhre.

Setelah itu, tabur bunga dilakukan oleh keluarga maupun kerabat Mangkunegara IX. Prosesi pemakaman pun usai dan ditutup dengan foto bersama.

Putra sulung KGPAA Mangkunegara IX  GBH Paundrakarna Sukma Putra di depan pusara sang ayah.Putra sulung KGPAA Mangkunegara IX GBH Paundrakarna Jiwa Suryanegara di depan pusara sang ayah. Foto: Andika Tarmy/detikcom

Terlihat kedua putra Mangkunegara IX yakni Paundra dan Bhre tersenyum dan saling memberi hormat usai foto bersama. Foto kemudian dilakukan oleh keluarga.

Untuk diketahui, KGPAA Mangkunegara IX wafat pada Jumat (13/8), pukul 02.50 WIB di Jakarta. Pemilik nama kecil Sudjiwo Kusumo itu wafat di usia 70 karena sakit.

Iring-iringan jenazah KGPAA Mangkunegara IX sebelumnya diberangkatkan dari Pura Mangkunegaran pukul 10.40 WIB dan tiba pukul 11.30 WIB di Astana Giri Layu, Karanganyar. Sebelum masuk ke mobil jenazah, dilakukan upacara brobosan oleh keluarga Mangkunegara IX. Selama prosesi pemberangkatan, jenazah diiringi gending Menyan Kober, Laler Mengeng, Renyep dan Ketawang.

Simak Video: Momen Haru Pemakaman KGPAA Mangkunegara IX di Astana Giri Layu

[Gambas:Video 20detik]



(ams/ams)