KGPAA Mangkunegara IX Dimakamkan di Astana Girilayu Hari Ini

Ari Purnomo - detikNews
Minggu, 15 Agu 2021 07:55 WIB
Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka hadir melayat KGPAA Mangkunegara IX di Pura Mangkunegaran hari ini.
KGPAA Mangkunegara IX disemayamkan di Ndalem Ageng Pura Mangkunegaran Solo (Foto: Kartika Bagus)
Solo -

Usai disemayamkan selama dua malam, Pengageng Mangkunegara Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara IX akan dimakamkan di Astana Girilayu, Matesih, Karanganyar hari ini. Prosesi pemakaman akan menggunakan adat Mataram dan menerapkan protokol kesehatan.

"Prosesi akan dimulai pukul 10.00 WIB," ujar Humas Mangkunegaran Joko Pramudyo kepada detikcom, Sabtu (14/8/2021).

Untuk menghindari terjadinya klaster penyebaran virus Corona atau COVID-19, jumlah pelayat Mangkunegara IX akan dibatasi. Para pelayat hanya bisa masuk melalui pintu yang sudah disiapkan dan dijaga oleh petugas gabungan dari TNI, Polri, Satgas COVID-19 dan juga dari pihak Mangkunegaran.

Dari susunan acara yang dibagikan Humas Mangkunegaran, prosesi akan dimulai dengan pembukaan yang disampaikan KRAA Kirjono. Lalu prosesi dilanjutkan dengan pembacaan riwayat hidup almarhum oleh KRT Supriyanto Waluyo, dan dilanjutkan dengan pambagyoharjo yang disampaikan KPH Cuk Susilo.

Pemerintah Kota (Pemkot) Solo juga akan memberikan sambutan sekaligus penyerahan akta kematian.

"Doa oleh Yogiswara, brobosan dan pemberangkatan jenazah," terang Joko.

Sementara untuk iring-iringan pemberangkatan jenazah dengan senopati lampah yakni KRMT Lilik Tirtodinigrat, didampingi KRMT Hudoko Artisto, dan KRMH Hariadi Anggoro. Kemudian bagian foto oleh RM Anglir Bawono/RM Rehan, disusul bagian pembawa bunga, pembawa peti jenazah.

Kemudian rombongan pemakaman akan diikuti keluarga, ulama, lintas agama, brobosan RAy T Amma Hundoko. Peti jenazah Mangkunegara IX kemudian diberangkatkan ke Astana Giri Layu, Matesih, Karanganyar.

Prosesi ini akan diiringi dengan beberapa gending (instumentalia) di antaranya Menyan Kober, Laler Mengeng, Renyep dan Ketawang. Kemudian rute yang akan dilewati rombongan yakni Pura Mangkunegara menuju ke Jalan Diponegoro.

Rombongan menuju ke Jalan Slamet Riyadi-Jalan Jenderal Sudirman-Jalan Urip Sumoharjo-Jalan Ir Sutami-Jalan Kolonel Sutarto-Jalan Raya Solo-Karanganyar-Matesih dan tiba di Astana Giri Layu.

Diberitakan sebelumnya, KGPAA Mangkunegara IX wafat pada Jumat (13/8), pukul 02.50 WIB di Jakarta. Pemilik nama kecil Sudjiwo Kusumo itu wafat di usia 70 karena sakit.

Mangkunegara IX pernah menikah dua kali. Pertama dengan putri ketiga Bung Karno yakni Sukmawati Soekarnoputri, dan terakhir dengan Prisca Marina yang kini menjadi permaisuri.

Dari pernikahan pertama dengan Sukmawati lahir GPH Paundrakarna Jiwa Suryanegara dan GRA Putri Agung Suniwati (Menur). Kemudian dari pernikahan kedua dengan Marina lahirlah dua anak yang pertama putri yakni GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo dan GRA Ancilla Sura Sudjiwo.

Tonton Video: Pakai Baju Pramuka, Gibran Melayat Mangkunegara IX

[Gambas:Video 20detik]



(ams/ams)