KGPAA Mangkunegara IX Mangkat, Toko Bunga di Solo Kebanjiran Order

Ari Purnomo - detikNews
Sabtu, 14 Agu 2021 16:32 WIB
KGPAA Mangkunegara IX mangkat, oko bunga di Solo kebanjiran orderan, Sabtu (14/8/2021).
KGPAA Mangkunegara IX mangkat, toko bunga di Solo kebanjiran orderan, Sabtu (14/8/2021). (Foto: Ari Purnomo/detikcom)
Solo -

Toko bunga di Solo kebanjiran order untuk ucapan duka cita wafatnya Pengageng Mangkunegaran Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara IX. Bahkan peningkatan mencapai lebih dari 50 persen dibandingkan di hari biasanya.

Salah satu pemilik toko karangan bunga di Solo, Kustini (57), mengaku peningkatan pemesanan karangan bunga sudah terjadi sejak kemarin.

"Iya ada peningkatan sejak Jumat itu, sehari bisa mencapai belasan karangan bunga yang dipesan untuk duka cita (Mangkunegara IX)," ujarnya saat ditemui detikcom di kiosnya di Jalan Slamet Riyadi, Solo, Sabtu (14/8/2021).

Perempuan yang sudah puluhan tahun mengelola kios bunga itu menyampaikan, jika pada hari biasa pemesanan bunga hanya berkisar di bawah 10 buah per hari. Sedangkan sekarang, kiosnya menerima pesanan hingga lebih dari 15 karangan bunga.

"Kalau untuk bunga duka cita kan tidak bisa diprediksi, kami tidak hanya melayani untuk itu tetapi, juga wedding, ucapan selama atau yang lain, kalau peningkatan kali ini 50 persen ada," tuturnya.

Karangan bunga yang dijual Kustini berkisar antara Rp 500 ribu hingga Rp 2,5 juta. Harga tersebut bergantung dengan bahan yang digunakan.

"Kalau yang Rp 500 ribu itu ada bunga asli dan kertas, tapi lebih banyak bunga kertasnya. Tapi kalau yang Rp 2,5 juta banyak bunga aslinya," kata dia.

Untuk memenuhi pemesanan, Kustini juga harus merekrut tenaga lepas agar pesanan bisa diselesaikan sesuai waktu. Sedangkan karyawan yang sehari-hari bekerja di kiosnya hanya empat orang.

Banyaknya pesanan karangan bunga juga diungkapkan oleh penjual lainnya Utri. Kios bunganya menerima pesanan belasan karangan bunga sejak kemarin.

"Kemarin pesanan yang masuk sampai 15-an, kalau hari ini agak sepi tidak tahu untuk besok," paparnya.

Simak video 'Pakai Baju Pramuka, Gibran Melayat Mangkunegara IX':

[Gambas:Video 20detik]



(sip/sip)