Polisi: Hanya Keluarga-Kerabat yang Boleh Melayat KGPAA Mangkunegara IX

Ari Purnomo - detikNews
Jumat, 13 Agu 2021 15:41 WIB
Kapolresta Solo Kombes Ade Safri Simanjuntak
Kapolresta Solo Kombes Ade Safri Simanjuntak (Foto: Ari Purnomo/detikcom)
Solo -

Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Ario (KGPAA) Mangkunegara IX tutup usia dan akan dimakamkan di Astana Girilayu, Karanganyar besok lusa. Masyarakat Solo diminta tidak datang melayat untuk mencegah terjadinya klaster virus Corona atau COVID-19.

"Warga masyarakat yang hendak melayat tidak perlu datang ke Pura Mangkunegaran cukup memanjatkan doa saja. Pelayat hanya dibatasi kerabat dan keluarga beliau saja," terang Kapolresta Solo Kombes Ade Safri Simanjuntak kepada wartawan ditemui di Pura Mangkunegaran, Solo, Jumat (13/8/2021).

Ade Safri menyebut untuk mengantisipasi para pelayat yang datang membeludak, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak terkait. Di antaranya Kodim 0735/Solo, Satgas COVID-19 dan juga dari pihak Pura Mangkunegaran.

"Kami koordinasi efektif terutama pelibatan Satgas COVID-19 agar tidak muncul klaster baru. Nanti dibuat satu pintu, arus pelayat yang dibatasi hanya dari keluarga dan kerabat saja yang boleh masuk," terang Ade Safri.

Para kerabat Mangkunegaran yang hadir melayat pun bakal dicek suhu tubuhnya. Protokol kesehatan ketat juga bakal diterapkan selama prosesi.

"Prokes diterapkan dengan mengukur suhu tubuh, pelaksanaan prosesnya dilakukan mulai dari masuk akses masuknya hingga di dalam asistensi dengan Satgas COVID-19 selama pelaksanaan prosesi," urainya.

Untuk pengamanan selama prosesi hingga pemberangkatan jenazah, Ade Safri akan mengerahkan 275 personel. Ke-275 personel itu bakal bersiaga mulai hari ini hingga mendiang KGPAA Mangkunegara IX dimakamkan.

"Ada kolaborasi Polres, Kodim, Satgas COVID-19 dan dari Pura Mangkunegaran yang akan menyaring pelayat yang bisa masuk ke Pura Mangkunegaran," terangnya.

"Kita berharap prosesi tradisi tetap berlangsung, kita harus mematuhi prokes di tengah pandemi yang masih berlangsung," pesan Ade.

Untuk diketahui, KGPAA Mangkunegara IX akan dimakamkan di Astana Girilayu, Matesih, Karanganyar, Jawa Tengah (Jateng), Minggu (15/8/2021) pagi. Almarhum akan diberangkatkan pukul 10.00 WIB dari Pura Mangkunegaran setelah sebelumnya dilakukan prosesi sesuai adat Mataram Islam.

Simak video 'KGPAA Mangkunegara IX Wafat, Pemakaman Bakal Secara Prokes':

[Gambas:Video 20detik]



(ams/mbr)