Gunung Merapi Erupsi, Sejumlah Desa di Magelang Diguyur Hujan Abu

Eko Susanto - detikNews
Kamis, 12 Agu 2021 07:12 WIB
Magelang -

Gunung Merapi erupsi empat kali sepanjang pagi ini. Luncuran awan panas terjadi hingga jarak 3 kilometer. Aktivitas vulkanik itu berdampak terjadinya hujan abu di wilayah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Hujan abu mengguyur 7 desa di wilayah 5 kecamatan.

Berdasarkan update yang dilakukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang hingga pukul 04.15 WIB, ada hujan abu tipis.

"Ada hujan abu tipis terjadi di Kecamatan Dukun, Srumbung, Salam, Muntilan dan Sawitan," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Magelang, Edi Wasono dalam keterangannya, Kamis (12/8/2021).

Untuk Kecamatan Dukun hujan abu terjadi di Desa Krinjing, sedangkan Kecamatan Srumbung meliputi Desa Srumbung dan Pucanganom.

Kemudian untuk Kecamatan Salam terjadi di Desa Gulon. Untuk Kecamatan Muntilan hujan abu tipis terjadi di Desa Gunungpring. Sedangkan di Kecamatan Mungkid meliputi Desa Sawitan dan Kelurahan Mendut.

"BPBD melakukan pemantauan wilayah yang terdampak. Kami juga koordinasi dengan Kecamatan dan warga masyarakat," katanya.

Untuk aktivitas warga, katanya, sejauh ini masih terpantau aman dan tidak terganggu. "Aktivitas masyarakat masih terpantau aman dan tidak terganggu," ujarnya.

Gunung Merapi kembali memperlihatkan aktivitas vulkanik. Sejak dini hari tadi, Merapi tercatat 4 kali memuntahkan awan panas guguran dengan jarak maksimum 3 kilometer.

Kepala BPPTKG Hanik Humaida mengatakan pada periode pengamatan Gunung Merapi Kamis (12/8) pukul 00.00 hingga 06.00 WIB terjadi 4 kali guguran awan panas dengan amplitudo19-67 milimeter dan durasi 110-232 detik.

"Terjadi 4 kali awan panas guguran pukul 01.07 WIB, 01.16 WIB, 01.53 WIB dan 02.46 WIB dengan jarak luncur 1.800 hingga 3.000 meter mengarah ke barat daya," kata Hanik dalam keterangannya, Kamis (12/8).

(mbr/mbr)