24 Orang Ditangkap Terkait Penyebaran Selebaran Ajakan Penjarahan di Blora

Febrian Chandra - detikNews
Rabu, 11 Agu 2021 17:30 WIB
Blora -

Polres Blora mengamankan 24 orang yang diduga terlibat dalam penyebaran selebaran ajakan untuk melakukan kekerasan dan penjarahan. Dua di antaranya merupakan dalang pembuat selebaran.

"Kita amankan 24 orang. Dua di antaranya adalah dalangnya. Sisanya masih kita dalami sejauh apa keterlibatannya," kata Kapolres Blora AKBP Wiraga Dimas Tama, Rabu (11/08/2021).

Wiraga menjelaskan, terkait motif dan maksud pelaku berupa ajakan untuk melakukan kekerasan dan penjarahan itu, kini masih didalami.

"Masih kita periksa, termasuk motif perbuatan itu untuk apa. Ini 24 orang masih perjalanan menuju Polres." terangnya.

Wiraga mengatakan, 24 orang tersebut diamankan di Desa Galuk, Kecamatan Kedungtuban, Kabupaten Blora.

Sebelumnya diberitakan selebaran provokatif ajakan melakukan kekerasan dan penjarahan tersebar di Blora, Jateng. Di bagian atas selebaran, tertulis nama 'Samin Surosentiko', tokoh penentang penjajahan Belanda di masa lalu.

Dalam selebaran itu, terdapat ajakan kerusuhan yang menyasar toko-toko milik etnis tertentu dan perusahaan milik luar negeri. Bahkan perbekalan senjata sudah dipersiapkan. Dalam selebaran itu ditulis, aksi akan dimulai hari Jumat Legi mendatang.

Kapolres Blora menghimbau agar masyarakat tidak terprovokasi. "Saya menghimbau agar masyarakat tidak terprovokasi. Sedangkan dari komunitas Samin sendiri juga sudah menyampaikan bahwa hal itu tidak benar," terangnya.

Sementara itu tokoh Komunitas Sedulur Sikep (pengikut pemikiran Samin Surosentiko), Gun Retno, memastikan selebaran itu provokasi yang dibuat orang yang sama sekali tak paham dengan ajaran Samin Surosentiko.

(mbr/mbr)