Warga Jakarta Bisa ke Mal Asal Punya Sertifikat Vaksin, Jateng Kapan?

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Senin, 09 Agu 2021 15:36 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di RSI Banjarnegara, Kamis (8/7/2021).
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo (Foto: Uje Hartono/detikcom)
Semarang -

Sertifikat vaksin COVID-19 bisa menjadi tiket akses untuk masuk ke sejumlah mal di DKI Jakarta selama PPKM diberlakukan. Sementara itu di Jawa Tengah (Jateng) masih menutup mal di wilayahnya. Lalu kapan Jateng menyusul Jakarta?

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menyebut aturan mal ditutup tertuang dalam PPKM level 4. Pihaknya mengaku belum akan memberikan lampu hijau soal penggunaan sertifikat vaksin.

"Belum sih kita belum sampai ke sana (pakai sertifikat vaksin). Kalau lo itu mau dijadikan syarat itu sebenarnya kalau kita mau yang belum divaksin bisa saja menggunakan prokes ketat gitu, ya kalau itu bisa dilakukan jumlahnya dibatasi sejak pintu masuk dilakukan," kata Ganjar usai rapat penanganan COVID-19 di kantornya, Senin (9/8/2021).

"Sebenarnya kita bisa menyiapkan diri karena levelling-nya sudah turun," sambung dia.

Ganjar mengakui program vaksinasi virus Corona di Jateng belum merata. Sehingga jika sertifikat vaksin COVID-19 menjadi syarat justru akan membuat warga yang sudah divaksin merasa mendapatkan prioritas dan kesempatan keluyuran.

"Ya dengan vaksin yang belum tinggi maka syarat vaksin itu kayaknya nggak adil. Wong belum divaksin kok, yang divaksin sedikit. Ya itu rasa-rasanya mereka yang sudah divaksin itu mendapatkan prioritas pertama untuk boleh kelayaban (keluyuran), kan nggak enak ya itu," jelasnya.

Meski begitu, Ganjar menyebut pembukaan mal dan tempat wisata di Jateng masih menunggu hasil evaluasi dari pemerintah pusat. Termasuk soal masa PPKM yang berakhir hari ini apakah akan diperpanjang.

"Tapi sekali lagi menyiapkan diri karena ini pasti bergantung pada keputusan evaluasi pusat juga agar kita seragam (aturannya). Nanti tidak, mohon maaf, sendiri-sendiri mengambil tindakan. Kalau itu bisa dilakukan sebenarnya tidak apa-apa kalau semua bisa taat, tidak apa-apa," tutur Ganjar.

Simak Video: Siapkan Sertifikat Vaksin untuk Lakukan Sederet Aktivitas Ini di DKI!

[Gambas:Video 20detik]



(ams/sip)