Luhut Blusukan ke Malioboro, Bagi-bagi Uang ke PKL

Heri Susanto - detikNews
Kamis, 05 Agu 2021 20:44 WIB
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan blusukan ke Malioboro, Yogyakarta, Kamis (5/8/2021).
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan (putih) blusukan ke Malioboro, Yogyakarta, Kamis (5/8/2021). Foto: Istimewa
Yogyakarta -

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan blusukan ke Malioboro, Yogyakarta, Kamis (5/8) petang. Berjalan dari Stasiun Tugu, Luhut bagi-bagi uang kepada PKL yang ia temui di Malioboro.

Luhut datang di Malioboro sekitar pukul 17.00 WIB. Dengan pengawalan dari polisi dan TNI, ia mengecek langsung kondisi PKL Malioboro.

"Bagaimana bu, jualannya," kata Luhut kepada seorang pedagang di Malioboro, Kamis (5/8/2021).

"Wuah sepi e pak, baru tiga gelas," kata ibu penjual jus buah.

"Saya beli boleh," kata Luhut mengeluarkan uang tanpa mengambil barang yang ia beli.

Luhut beberapa kali berhenti menanyakan kepada PKL yang membuka lapak terhadap kondisinya saat ini. Setiap selesai menanyakan kondisi PKL, Luhut lalu mengeluarkan amplop dari sakunya.

Luhut juga menanyakan PKL apakah sudah mendapatkan vaksin atau belum. Beberapa PKL yang ia temui mengaku sudah mendapatkan vaksinasi.

"Segera vaksin, nanti kalau belum divaksin tidak bisa berjualan," kata Luhut terhadap salah seorang PKL yang mengaku belum mendapatkan vaksin.

Kepada PKL yang meminta kelonggaran PPKM, Luhut mengatakan bahwa pemerintah akan memberi kelonggaran jika kondisi penularan COVID-19 sudah melandai.

"Kalau kita buka sedikit, nanti ditutup lagi. Kalau dibuka (semua akses), nanti kita semua kena COVID-19 kan repot kita," kata Luhut meminta pengertian PKL di Malioboro.

Saat ada penjual minuman asongan, Luhut langsung menyambut dengan memborong semua minuman.

"Saya traktir, ayo semua mau minum," katanya.

Luhut berjalan sampai depan Gedung Agung, Istana Kepresidenan, di kawasan Titik Nol. Sesaat berkoordinasi, Luhut bersama dengan rombongannya lalu meninggalkan Malioboro.

Simak video 'Tolak Nyerah Lawan Covid, Malioboro Dipenuhi Bendera Merah Putih':

[Gambas:Video 20detik]



(rih/mbr)