Panglima TNI Optimistis Vaksinasi Massal Jateng Bisa Wujudkan Herd Immunity

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Kamis, 05 Agu 2021 17:18 WIB
Semarang -

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyatakan vaksinasi massal di Jawa Tengah diharapkan bisa menekan angka reproduksi efektif (RT) virus Corona atau COVID-19 hingga di bawah 1. Sehingga herd immunity di Jateng bisa segera tercapai.

Hadi mengatakan Presiden Joko Widodo sudah menerapkan target 1 juta vaksin per hari agar bisa tercapai herd immunity. Akselerasi atau percepatan vaksinasi yang sudah dilakukan bisa menekan angka kasus Corona di Indonesia.

"Positivity rate yang ditargetkan adalah 5 persen. Oleh sebab itu, supaya untuk mendapatkan positivity rate itu kita juga sudah melaksanakan 3T yang saat ini sudah dilaksanakan dan diharapkan rasio 1:15 bisa tercapai," jelasnya di GOR Jatidiri, Kamis (5/8/2021).

Hal itu diungkapkan Hadi saat meninjau Vaksinasi Merdeka Candi bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan juga didampingi Direktur Utama Jasa Raharja, Rivan Achmad Purwantono di GOR Jatidiri, Kota Semarang.

Hadi juga menyebut target RT bisa ditekan di bawah 1. Dia kemudian bicara soal Cilacap yang pernah angka reproduksinya 3,8. Kemudian setelah dilakukan intervensi 3M dan 3T angka itu bisa terus menurun.

"Mudah-mudahan dengan kegiatan vaksinasi secara masal, maka kita bisa mendapatkan RT-nya, reproduksi efektif atau kemampuan reproduksi bisa di bawah 1 selama satu minggu, maka kita bisa katakan Jateng sudah sampai kepada herd immunity," ujarnya.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan dari laporan Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Luthfi, target Vaksinasi Merdeka Candi sampai 17 Agustus 2021, kurang-lebih 608 ribu dosis per minggu.

"Artinya dalam satu hari akan dilaksanakan vaksinasi sejumlah 150 ribu dosis satu hari. Ini akan kami lihat pelaksanaannya," kata Sigit.

Direktur Utama Jasa Raharja, Rivan Achmad Purwantono, menambahkan pihaknya ikut mendukung berjalannya Vaksinasi Merdeka Candi di Jateng sebagai percepatan vaksinasi.

"Semoga dengan Vaksinasi Merdeka Candi ini, Kita menjadi sehat, kita menjadi hebat dan Jawa Tengah menjadi maju, dan dukungan program vaksinasi ini bagian dari tanggung jawab bersama sesuai arahan Presiden," ujarnya.

(sip/ams)